IDENTIFIKASI SOAL TES UTS DAN UAS MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016)

PUTRI FACHRUNNISA , (1213024052) (2016) IDENTIFIKASI SOAL TES UTS DAN UAS MATA PELAJARAN BIOLOGI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI ANDERSON (Studi Deskriptif di SMA se-Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1188Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1061Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui kesesuaian soal tes UTS dan UAS dengan dimensi kognitif taksonomi Bloom revisi Anderson dkk, perbedaan proporsi soal tes UTS dan UAS dan proporsi bentuk soal tes UTS dan UAS kelas X, XI, dan XII. Penelitian ini merupakan studi deskriptif sederhana dengan sampel penelitian adalah soal tes mata pelajaran Biologi kelas X, XI dan XII di SMA se-Kecamatan Pringsewu yang dipilih dengan teknik sampling jenuh. Data penelitian diperoleh dengan mengidentifikasi soal tes UTS dan UAS berdasarkan dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan taksonomi Bloom revisi Anderson dkk dengan menghitung sebaran dimensi proses kognitif C1-C6 dan dimensi pengetahuan faktual-metakognitif serta menggambarkan perbandingan sebaran soal tes berdasarkan distribusi data yang didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal tes UTS dan UAS di SMA se- Kecamatan Pringsewu kelas X, XI, dan XII didominasi oleh dimensi proses Putri Fachrunnisa iii kognitif C1 dan C2, sedangkan untuk C3 yang sangat jarang ditemukan dan tidak dijumpai adanya dimensi proses kognitif C4, C5, dan C6. Selain itu, dimensi pengetahuan yang ditemukan adalah pengetahuan faktual dan konseptual yang mendominasi, walaupun masih ditemukan dimensi pengetahuan prosedural dalam jumlah yang sangat sedikit. Persentase C1 faktual dan konseptual untuk soal tes UTS kelas X yaitu 52% dan 33,3%, kelas XI yaitu 53% dan 30%, kelas XII yaitu 53,2% dan 29,6% dan untuk soal tes UAS kelas X yaitu 47,3% dan 31,9%, kelas XI yaitu 44,9% dan 31,4%, kelas XII yaitu 28,1% dan 32,9%. Sedangkan untuk persentase C2 faktual dan konseptual untuk soal tes UTS kelas X yaitu 2% dan 12,6%, kelas XI yaitu 1,07% dan 15,3%, kelas XII yaitu 2,2% dan 15,8% dan untuk soal tes UAS kelas X yaitu 3,7% dan 16,9%, kelas XI yaitu 2,8% dan 18%, kelas XII yaitu 6,2% dan 20,9%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa soal tes UTS dan UAS di SMA se-Kecamatan Pringsewu masih berkisar pada C1 dan C2 dengan dimensi pengetahuan faktual dan konseptual dan bentuk soal tes yang dominan digunakan adalah soal tes pilihan jamak dengan persentase untuk soal tes UTS dan UAS kelas X, XI dan XII yaitu 91,6%, 96,4% dan 90,5% dan 100%, 95,5% dan 100%. Kata kunci: Soal Tes, Dimensi Kognitif, Taksonomi Bloom

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 6928743 . Digilib
Date Deposited: 11 Nov 2016 07:34
Terakhir diubah: 11 Nov 2016 07:34
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24469

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir