ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD “GO AHEAD” DI MEDIA TELEVISI (STUDI PADA KETIGA VERSI IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD)

Calvien Muttaqin Tenggono, 1116031026 (2016) ANALISIS SEMIOTIKA PESAN MORAL DALAM IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD “GO AHEAD” DI MEDIA TELEVISI (STUDI PADA KETIGA VERSI IKLAN ROKOK SAMPOERNA A MILD). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (24Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3305Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (874Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Iklan rokok A Mild yang tidak bisa dengan bebas menampilkan produknya, mencari cara lain yang lebih kreatif untuk mempromosikan produknya agar dapat penarik perhatian khalayak, salah satunya dengan mengemas pesan moral pada iklannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pesan moral yang terkandung dalam ketiga versi iklan Sampoerna AMild “Go Ahead”. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode analisis semiotika dengan model semiotika Ferdinand de Saussure. Penelitian ini menemukan pesan moral pesan moral yang terkandung dalam iklan Sampoerna A Mild “Go Ahead” yaitu: bekerja keras, rendah hati, menolong orang lain, dan peduli sesama, namun A Mild dalam iklannya merupakan sesuatu yang tidak ada hubungan khusus dari produk dengan pesan yang disampaikan dalam iklan. A Mild membuat khalayak adalah sebagai korban dari konsumsi makna produk yang telah diciptakan pengiklan sebagai alat untuk mengelabuhi khalayak dari tayangan iklan yang menyisipkan pesan moral dalam iklannya. Kata kunci: pesan moral, analisis semiotika, iklan abstract The advertisement of A Mild cigarette, which could not show freely the content of the advertisement, found a better creative idea to promote the product in order to get the attention of the audience, one of the idea was done by including the moral value in the advertisement. The research was done by applying qualitative method in the semiotic analysis approach from Ferdinand de Saussure. The moral values found in the advertisement of Sampoerna A Mild “Go Ahead” are being a hard worker, being a humble person, being a helpful person, and being a caring person. Nevertheless, the moral values shown in the advertisement had no correlation with the product being promoted. A Mild made audience became victims from the implication of product meaning which had been created by the advertisement. Keyword : Moral value, Semiotic analysis, Advertisement.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
> NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 5984093 . Digilib
Date Deposited: 29 Nov 2016 07:06
Terakhir diubah: 29 Nov 2016 07:06
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24545

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir