IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X MIA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

SEPTIA TOYIBA, 1213024062 (2016) IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA KELAS X MIA TERHADAP MATA PELAJARAN BIOLOGI SMA NEGERI 9 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (878Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (817Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Gaya belajar merupakan cara yang konsisten dilakukan oleh seseorang dalam proses belajar untuk dapat menerima, memproses dan mengerti suatu informasi. Gaya belajar yang dimiliki oleh setiap siswa berbeda-beda, termasuk yang dimiliki oleh siswa berprestasi. Gaya belajar dibagi menjadi 3 jenis yaitu visual, auditorial, dan kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa kelas X pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif sederhana yang berisi gambaran gaya belajar dominan siswa kelas X pada mata pelajaran biologi SMA Negeri 9 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random, sehingga diperoleh sampel sebanyak 30 siswa. Data gaya belajar siswa diperoleh melalui angket, wawancara, dan observasi. Kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif . Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya belajar pada siswa kelas X untuk mata pelajaran biologi berdasarkan angket adalah gaya belajar kinestetik, dengan wawancara adalah gaya belajar auditorial, sedangkan melalui observasi adalah gaya belajar visual. Namun dari ketiga gaya belajar, maka gaya belajar yang paling dominan adalah gaya belajar visual. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa gaya belajar siswa kelas X MIA pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 9 Bandar Lampung didominasi oleh tipe gaya belajar visual. Ditinjau dari perolehan nilai ujian semester ganjil pada mata pelajaran biologi, siswa yang memperoleh nilai tinggi mayoritas memiliki gaya belajar visual, sedangkan siswa yang memperoleh nilai rendah memiliki gaya belajar kinestetik. Kata kunci : Gaya belajar, prestasi belajar, pembelajaran, visual, auditorial, Kinestetik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 8554167 . Digilib
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:46
Terakhir diubah: 30 Nov 2016 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24566

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir