PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS

WIWIN ENI MARYANTI , 1423021065 (2016) PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2099Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2098Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan model problem based learning untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis. Model PBL yang dimaksud adalah suatu model pembelajaran yang berorientasi pada pemecahan masalah. LKPD dengan model PBL adalah LKPD dengan mengunakan permainan, komik, dan permasalahan-permasalahan. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir yang menguji, mempertanyakan, menghubungkan, mengevaluasi semua aspek yang ada dalam suatu situasi atau pun suatu masalah yang diberikan. Disposisi berpikir kritis, yaitu kecenderungan untuk berpikir dan bersikap dengan cara yang kritis terhadap matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Tumijajar tahun ajaran 2015/2016 dengan level berpikir siswa menengah ke atas. Data penelitian diperoleh melalui catatan lapangan, lembar observasi dan wawancara. Penelitian pengembangan LKPD dengan model PBL yang diperoleh meliputi pengembangan permainan seperti kartu SPLDV dan bintang ajaib yang membuat siswa bekerja sama dalam kelompok dan tertantang menyelesaikannya. Pada komik matematika dan dalam menyajian masalah bahasa yang digunakan sebaiknya menggunakan bahasa yang sering didengar siswa. Soal yang diberikan adalah soal open ended yang mampu membuat siswa menginterpretasikan soal, menganalisis mengevaluasi dan siswa dapat menyimpulkan penyelesaian. LKPD dengan model PBL dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis. Kata kunci: PBL, LKPD dengan PBL, Disposisi Berpikir Kritis ABSTRACT The development research was aimed to develop LKPD with problem based learning model to develop critical thinking skills and critical thinking dispositions. PBL models in this researh is oriented on problem solving. LKPD with PBL model is LKPD that used games, comic, and problems. Critical thinking skills is the ability to think that tested, questioned, connect, evaluate all aspects of the situation or a problem given. Critical thinking disposition is the tendency to think and act in a way that is critical of mathematics. Subject in the study development LKPD with PBL in X sains class in SMA Negeri 1 Tumijajar 2015/2016 school year with upper middle thought level of students’. The data of research was obtained through field notes, interview and observation sheet. The development LKPD with PBL model that obtained include development games as SPLDV card and miracle star that make students work together in groups and make students motivated in finishing of LKPD. In mathematical comic and in presenting problem used language that is often heard by students but follow EYD. The given quations is the open ended question that makes the students interpretation questions, analyze, evaluate and the students can conclude the settlement. LKPD with PBL models can develop critical thinking skills and critical thinking dispositions. Keywords: PBL, Critical Thinking Skills, Critical Thinking Disposition

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > Q Science (General)
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan IPA
Pengguna Deposit: 4444137 . Digilib
Date Deposited: 22 Dec 2016 07:02
Terakhir diubah: 22 Dec 2016 07:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24784

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir