PROFIL SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPA BERDASARKAN TES SOAL TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) Studi Kasus pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Bandar Lampung

WIDIA ASTUTI PUTRI GEMPA WATI, 1213024073 (2016) PROFIL SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPA BERDASARKAN TES SOAL TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) Studi Kasus pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 8 Bandar Lampung. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (559Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (897Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui profil penguasaan materi IPA oleh siswa kelas IX di SMP Negeri 8 Bandar Lampung berdasarkan tes soal TIMSS dan mengetahui faktor yang mempengaruhinya. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitian adalah siswa kelas IX SMPN 8 Bandar Lampung yang diambil dengan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel 125 siswa. Data kuantitatif yaitu penguasaan materi IPA di-peroleh dari jawaban siswa pada tes soal TIMSS, dihitung rerata nilai dan diinterpretasikan ke dalam tabel kategori. Data kualitatif berupa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penguasaan materi IPA siswa yang diperoleh dari jawaban siswa pada angket kemudian dianalisis dengan menghitung persentase dan diinter-pretasikan kedalam tabel kategori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan materi IPA kelas IX di SMPN 8 Bandar Lampung secara umum berkategori “tinggi” dengan rata-rata 62.64 ± 3.77, jika ditinjau berdasarkan domain kognitif skor tertinggi pada domain “ pengetahuan konsep” dengan rata-rata sebesar 84.09 ± 13.02skor rata-rata yang terendah yaitu domain “berteori, menganalisis dan memecahkan masalah” dengan rata-rata 47.80 ± 22.22. Analisis kuisioner menunjukkan bahwa faktor yang ber-pengaruh terhadap penguasaan materi IPA yaitu faktor internal berupa motivasi belajar, kebiasaan belajar dan kemampuan siswa menyelesaikan soal, sedangkan faktor eksternal berupa latar belakang pendidikan terakhir ayah tidak berpengaruh terhadap penguasaan materi IPA siswa dengan skor rata-rata 57.73 ± 8.99 yang berkategori ”sedang” Kata kunci: Domain Kognitif, Materi IPA, Profil, TIMSS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 7941790 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 01:40
Terakhir diubah: 23 Dec 2016 01:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24829

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir