PROFIL SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPA BERDASARKAN TES SOAL TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) Studi Kasus pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 16 Bandar Lampung

Wayan Viska Arilia Candra, 1213024071 (2016) PROFIL SISWA TERHADAP PENGUASAAN MATERI IPA BERDASARKAN TES SOAL TRENDS IN INTERNATIONAL MATHEMATICS AND SCIENCE STUDY (TIMSS) Studi Kasus pada Siswa Kelas IX Di SMP Negeri 16 Bandar Lampung. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (487Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (488Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian bertujuan mendeskripsikan profil siswa terhadap penguasaan materi IPA berdasarkan tes soal TIMSS, serta faktor internal berupa motivasi belajar IPA, kebiasaan belajar, dan kemampuan siswa dalam menjawab soal, serta faktor eksternal yaitu latar belakang pendidikan ayah. Sampel penelitian siswa kelas IX SMPN 16 Bandar Lampung berjumlah 150 siswa diambil dengan teknik purposive sampling. Jenis data berupa data kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu uji soal TIMSS, lembar angket, dan wawancara guru mata pelajaran IPA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tes soal TIMSS siswa berkategori “cukup” dengan nilai rata-rata 58,72. Kemampuan siswa dalam menjawab soal domain kognitif pemahaman konsep yang paling mendominasi dengan kategori “sangat tinggi”, domain kognitif pemahaman faktual berkategori “tinggi”, penalaran dan analisis berkategori “cukup”, informasi kompleks berkategori “tinggi”, informasi sederhana berkategori “cukup”, berteori, analisis, dan iii memecahkan masalah berkategori “rendah”, serta terapan berkategori “cukup”. Faktor ekternal latar belakang pendidikan ayah merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi penguasaan materi IPA siswa dengan kategori “cukup”, yang kemudian dikuti dengan faktor internal kebiasaan belajar siswa, motivasi belajar IPA siswa, dan kemampuan siswa dalam menjawab soal. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa tingkat penguasaan materi IPA siswa masih berkategori “cukup” yang dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal siswa. Kata kunci: faktor eksternal, faktor internal, IPA, TIMSS

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 0782565 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 01:31
Terakhir diubah: 23 Dec 2016 01:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24830

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir