PEMBELAJARAN TARI BEDAYO TULANG BAWANG PADA SISWA DI SMA YADIKA NATAR LAMPUNG SELATAN

DESY TRI HANDAYANI , 1213043011 (2016) PEMBELAJARAN TARI BEDAYO TULANG BAWANG PADA SISWA DI SMA YADIKA NATAR LAMPUNG SELATAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (20Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2160Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2161Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran tari bedayo tulang bawang di SMA Yadika Natar Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian pembelajaran tari bedayo tulang bawang. Teori yang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori behavioristik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan 8 siswa. Teknik pengumpulan data yakni observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Siswa melakukan tiga tahapan pembelajaran berdasarkan tujuan penelitian yaitu (1) persiapan, (2) pelaksanaan, dan (3) penilaian pembelajaran tari bedayo tulang bawang. Siswa melakukan pemanasan terlebih dahulu pada persiapan pembelajaran agar tidak mengalami kekejangan/keram pada otot-otot persendian tubuh. Pelaksanaan pembelajaran, siswa memeragakan ragam gerak tari bedayo tulang bawang. Penilaian pembelajaran mencakup aspek hafalan urutan gerak dan ketepatan antara gerak dengan iringan musik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memeragakan tari bedayo tulang bawang secara keseluruhan tergolong baik sekali pada aspek hafalan urutan gerak dengan perolehan nilai 95 dikarenakan siswa mampu memeragakan urutan gerak tanpa kesalahan. Kriteria baik diperoleh siswa pada aspek ketepatan gerak dan musik dengan perolehan nilai 82. Hal ini dikarenakan siswa melakukan 1-2 kali pengulangan gerak serta tidak sesuai dengan tempo, irama, dan hitungan urutan gerak. Selain itu juga, guru hanya menggunakan satu metode saja pada proses pembelajarannya yaitu metode demonstrasi. Kata kunci: pembelajaran, tari bedayo tulang bawang, siswa.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> M Music
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 3149853 . Digilib
Date Deposited: 23 Dec 2016 04:25
Terakhir diubah: 23 Dec 2016 04:25
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24855

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir