JUMRATUL AINI, 1413093018 (2016) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS IV SDN 1 MARGA AGUNG KECAMATAN JATIAGUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (989Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (989Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 1 Marga Agung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN 1 Marga Agung Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian tindakan kelas ini, terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Alat pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah Pada siklus I dengan jumlah siswa 25 siswa terdapat 19 orang siswa yang aktif dalam pembelajaran. dengan persentase keaktifan siswa mencapai 76% siswa yang aktif. Pada siklus II terdapa 22 orang siswa yang aktif. Persentase keaktifan siswa mencapai 88% siswa yang aktif dalam pembelajaran. Pada siklus III terdapa 24 orang siswa yang aktif. Persentase keaktifan siswa mencapai 96% siswa yang aktif dalam pembelajaran. Hasil belajar pada siklus I dari jumlah siswa mencapai 25 orang siswa terdapat 20 orang siswa yang tuntas belajar dan 5 orang siswa yang belum tuntas belajar. Persentase ketuntasan siswa mencapai 80% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus II terdapat 23 siswa yang tuntas belajar dan hanya terdapat 2 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 92% siswa yang telah tuntas belajar. Pada siklus III terdapat 24 siswa yang tuntas belajar dan hanya terdapat 1 orang siswa yang tidak tuntas belajar. Persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 96% siswa yang telah tuntas belajar. Hal ini terdapat peningkatan hasil belajar dari setiap siklusnya. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, model pembelajaran STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 9597962 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Dec 2016 08:27 |
Terakhir diubah: | 23 Dec 2016 08:27 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24874 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |