KINERJA KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH TAHUN 2015

M. NOVRICO DIKKI PRADINA , (1016021066) (2016) KINERJA KANTOR BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PEMBUATAN SERTIFIKAT TANAH TAHUN 2015. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (94Kb) | Preview
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2120Kb)
[img]
Preview
Text
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1911Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Kantor Pertanahan adalah sebuah organisasi Non Pemerintah yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pelayanan dibidang pertanahan secara nasional, regional dan sektoral di Indonesia. Sertifikasi tanah diperuntukan untuk semua masyarakat yang mempunyai tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bandar Lampung dalam pelayanan sertifikasi tanah yang dilihat dari indikator kinerja yakni produktifitas, responsivitas, dan akuntabilitas, Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji pelayanan pembuatan sertifikasi tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bandar Lampung. Rumusan masalah yang digunakan adalah Bagaimana kinerja Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bandar Lampung dalam Pembuatan sertifikasi tanah tahun 2015 ? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dilakukan dengan wawancara, telaah dokumen dan observasi dengan metode purposive sampling sebagai metode pengambilan sampelnya. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi data yakni menguji data yang sejenis dari berbagai sumber dan tehnik analisis datanya adalah analisis interaktif dengan komponen analisis yakni reduksi data, sajian data dan penarikan simpulan. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa Kantor Badan Pertanahan nasional Kota Bandar lampung dalam pelayanan pembuatan sertifikat tanah umumnya sudah berjalan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan tolak ukur sebagai berikut, produktivitas Kantor Badan Pertanahan Nasional Kota Bandar Lampung sudah cukup memenuhi target sesuai dengan SPOPP pertanahan. Untuk responsivitas pihak Kantor BPN terhadap pemohon pembuatan sertifikat tanah dalam menangani keluhan para pemohon umumnya sudah baik karena keluhan dari pemohon langsung di proses oleh Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung. Sedangkan akuntabilitas Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung dalam pelayanan pembuatan sertifikasi tanah telah melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik dalam melaksanakan program pemerintah dan juga sebagai mediator yang baik antar pihak yang bersengketa. Kata kunci : Kinerja, Produktifitas, responsivitas, akuntabilitas ABSTRACT Land Office is a non-government organization that is responsible for the implementation of land services in the field of national, regional and sectoral in Indonesia. Certification of land intended for all the people who have land. The purpose of this study was to determine how the performance of the National Land Agency of Bandar Lampung in the ministry of land titling is seen from the performance indicators of productivity, responsiveness, and accountability, his study aimed to examine the making of land titling services at the National Land Agency of Bandar Lampung. Problem formulation used is How the performance of the National Land Agency of Bandar Lampung in the Making titling of land in 2015? The method used in this research is descriptive qualitative. Techniques of collecting data through interviews, a document review and observation by purposive sampling method as the sample collection method. The validity of the data used is the triangulation of data that is testing similar data from various sources and data analysis techniques are interactive analysis with the analysis component data reduction, data and drawing conclusions. The results of this study showed that the national Land Office, Bandar Lampung in the ministry of Land titling is generally already well underway. This is indicated by the following benchmark, the productivity of the National Land Agency of Bandar Lampung is sufficient to meet the target in accordance with SPOPP land. For the responsiveness of the Land Office of the applicants Land titling in handling complaints of the applicants is generally good because of the applicant's complaint directly in the process by the Land Office of Bandar Lampung. While accountability Land Office Bandar Lampung in the service of making land certification has been carrying out his responsibility in implementing government programs as well as a good mediator between the disputing parties. Keywords: Performance, Productivity, responsiveness, accountability

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
> JS Local government Municipal government
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Depositing User: 6418039 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2016 04:15
Last Modified: 28 Dec 2016 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24912

Actions (login required)

View Item View Item