PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG

SALLY FEBRINA, 1213043039 (2016) PENGGUNAAN METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (19Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1268Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1760Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses aspek motorik pembelajaran tari bedana menggunakan metode drill. Sumber data yaitu guru seni budaya dan siswi yang berjumlah 12 orang SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, mendisplaykan data dan kesimpulan.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dokumentasi, tes praktik dan nontes. Teori pembelajaran yang digunakan yaitu teori behavior. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, mendisplay data dan kesimpulan. Pelaksanaan pembelajaran tari bedana, guru memperagakan 10 ragam gerak tari bedana. Pada setiap pertemuan guru memeragakan 2 ragam gerak yaitu langkah pembuka, Surabaya, langkah mecogh, mutogh laju, susun sirih, mutogh moloh, sarah, arab, tahtim dan tahto. Pembagian ragam gerak pada setiap pertemuan diberikan berurutan berdasarkan tingkat kesulitan ragam gerak dan dilakukan secara berulang-ulang sampai seluruh siswa berlatih sehingga mampu memeragakan setiap ragam gerak yang diberikan.Hasil pembelajaran tari bedana dengan menggunakan metode drill menunjukan bahwa siswa mampu mememragakan setiap ragam gerak tari bedana sesuai dengan yang diajarkan. rata-rata dari aspek hafalan ragam gerak tari bedana mendapat kiteria baik dengan skor 78,75. Kata Kunci: Metode Drill, Tari Bedana, Penilaian. abstract The purpose of this research is to describe Bedana dance learning process motorik aspect using drill method. The research using drill method is done to the students that take part in dance extracurricular activity in SMA Negeri 2 Bandar Lampung which amounts to 12 female students. The research uses descriptive qualitative research method in order to represent a systematic and detailed learning. This research uses drill method with data collection technique those are: observation, interview, documentation, practice test and non test. Learning theory that used is behavior technique. The data resources is the art and culture teacher of SMA Negeri 2 Bandar Lampung. The data analysis’ that used are data reduce, data display, and conclusion. The implementation of Bedana dance learning is the teacher show 10 types of Bedana dance movements. At each meeting, the teacher shows 2 types of movements those are opening step, Surabaya, mecogh step, mutogh laju, susun sirih, mutogh moloh, sarah, arab, tahtim and tahto. The distribution of movement type in each meeting is given in sequence based on difficulty level of movement and done repeated until the students practice so that they are capable to show every movement type that been given. The result of Bedana dance learning using drill method shows that students are capable to show every movement type of bedana dance as they have been teached. The average of Bedana dance movement types recitation get a good criteria with 78,75 of score. Keywords: Drill Method, Bedana Dance, Assessment.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 8199174 . Digilib
Date Deposited: 28 Dec 2016 04:21
Terakhir diubah: 28 Dec 2016 04:21
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24916

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir