PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 3 Rajabasa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

NIKI HARFA JULITA , 1213024046 (2016) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas IV dan V Semester Genap SD Negeri 3 Rajabasa Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1379Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1289Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA kelas IV dan V Tahun Ajaran 2015/2016. Desain penelitian adalah deskriptif sederhana. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV(b) dan V(a) berjumlah 48 siswa yang dipilih dengan purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif dan data-data yang ada berupa data kualitatif dari lembar observasi, angket siswa dan guru, serta wawancara guru yang kemudian dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kemampuan kerjasama siswa kelas IV dan V SD Negeri 3 Rajabasa berkriteria”sedang” sebesar 57,8% dengan menggunakan metode diskusi dalam pembelajaran IPA. Terdapat dua aspek kemampuan kerjasama siswa yang tertinggi yaitu “menerima tanggung jawab” dan “mengurangi ketegangan”. Terdapat dua pola kerjasama siswa yakni kerjasama suplementer dan kerjasama berbeda. Secara keseluruhan kedua kelas yang memiliki pola kerjasama suplementer berjumlah lima sedangkan pola kerjasama berbeda berjumlah tiga. Kelompok pada kelas IV yang memiliki pola kerjasama suplementer sebesar 75% dan 25% memiliki pola kerjasama berbeda. Sedangkan kelompok pada kelas V yang memiliki pola kerjasama suplementer dan berbeda seimbang sebesar 50%. Kata kunci: diskusi, IPA, kemampuan kerjasama, pola kerjasama

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 9661072 . Digilib
Date Deposited: 29 Dec 2016 01:17
Terakhir diubah: 29 Dec 2016 01:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24960

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir