PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017)

REZA HALIDA AZELIA, 0913024108 (2016) PENGARUH PEMBELAJARAN TIPE STAD TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (612Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (483Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian dilakukan di SMP Gajah Mada Bandar Lampung pada kelas VIII tahun pelajaran 2016/2017 dengan desain pretes-postes kelompok ekuivalen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas eksperimen dan VIIIA sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada saat pembelajaran dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran tipe STAD kemudian dianalisis secara deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U dengan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan rata-rata berkriteria cukup yaitu 66,54%. Pada aspek bekerjasama dalam kelompok memiliki nilai sebesar 69%, aspek mengajukan pendapat bernilai sebesar 59%, aspek mengajukan pertanyaan sebesar 80%, dan aspek mendengarkan diskusi sebesar 65% dan aspek mempresentasikan hasil diskusi sebesar 57%. Penguasaan materi siswa juga mengalami peningkatan, dengan rata-rata nilai pretes sebesar 37,88, nilai postes sebesar 77,31 dan N-gain sebesar 63,71 dengan hasil uji t1, thitung (6,065) > ttabel (1,671) dan t2 thitung (18,704) > ttabel (1,699). Data angket menunjukkan bahwa siswa senang dan tertarik mempelajari materi pokok zat adiktif dan psikotropika dan lebih mudah menguasai materi tersebut melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berpengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran tipe STAD berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok zat adiktif dan psikotropika di SMP Gajah Mada Bandar Lampung. Kata kunci : aktivitas belajar, STAD, hasil belajar, zat adiktif dan psikotropika.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 8500451 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2017 07:20
Terakhir diubah: 24 Jan 2017 07:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25181

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir