PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII dan VIII Semester Genap SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

FERLYN NORMATILOVA , 1213024025 (2016) PROFIL KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas VII dan VIII Semester Genap SMP Negeri 22 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (934Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (935Kb) | Preview

Abstrak

Kemampuan kerjasama sangat dibutuhkan dalam bersosialisasi dengan berbagai pihak atau kelompok. Berdasarkan prosesnya, pembelajaran IPA salah satu pembelajaran yang menanamkan nilai-nilai kerjasama dalam kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA. Desain penelitian ini menggunakan desain deskriptif. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling pada siswa kelas VII dan VIII berjumlah 349 siswa yang dalam pembelajaran IPA di kelas tersebut guru menerapkan metode diskusi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif. Data kualitatif berupa deskripsi kemampuan kerjasama dan pola kerjasama siswa yang diperoleh dari lembar observasi siswa, kuesioner siswa dan guru serta wawancara guru. iii Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA memiliki kriteria “tinggi” dengan persentase 64%. Ini dapat dilihat dari observasi dimana sebagian besar siswa melakukan musyawarah, berpartisipasi, menerima tanggung jawab, mengurangi ketegangan, dan berada dalam tugas saat bersama kelompoknya. Berdasarkan kelima aspek kerjasama tersebut, aspek “mengurangi ketegangan” dengan persentase 71% merupakan aspek yang paling tinggi dibandingkan aspek lainnya. Kemampuan kerjasama yang tinggi juga dapat dilihat dari peranan guru tersebut di dalam kelas. Guru berperan memberikan motivasi dan memantau kerjasama siswa dalam masingmasing kelompok. Pola kerjasama siswa yang diamati yaitu pola kerjasama otoritas dan mayoritas. Pola kerjasama mayoritas merupakan pola yang dominan terlihat yaitu 38 kelompok dari 67 kelompok. Pola ini terlihat ketika kelompok melakukan diskusi beberapa saat, kemudian melakukan pemungutan suara berkenaan dengan masalah yang dihadapi, dan suara mayoritaslah yang menang. Kata kunci: kerjasama siswa, pembelajaran IPA, pola kerjasama

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 5768783 . Digilib
Date Deposited: 25 Jan 2017 08:49
Terakhir diubah: 25 Jan 2017 08:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25208

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir