PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU SEBELUM DAN SESUDAH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG STROKE PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS PASAR AMBON

FUAD IQBAL ELKA PUTRA, 1318011075 (2017) PERBEDAAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU SEBELUM DAN SESUDAH PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG STROKE PADA PENDERITA HIPERTENSI DI PUSKESMAS PASAR AMBON. FAKULTAS KEDOKTERAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (11Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2307Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI FULL TANPA PEMBAHASAN.pdf

Download (2308Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar Belakang: Hipertensi merupakan penyebab kematian utama secara global maupun nasional. Di Provinsi Lampung tahun 2014, hipertensi menduduki penyakit nomor 1 dengan persentase 30,01% kejadian. Sebanyak 77% penyebab stroke disebabkan oleh hipertensi. Dibutuhkan upaya untuk menurunkan angka kematian, kesakitan dan kecacatan akibat stroke melalui intervensi pendidikan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap dan perilaku antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan tentang stroke. Metode: Desain penelitian ini ialah eksperimen semu (quassy experiment) dengan rancangan pretest - posttest grup desain pada 48 masyarakat yang menderita hipertensi di Puskesmas Pasar Ambon. Pendidikan kesehatan dilakukan selama satu bulan dengan menggunakan metode ceramah dan media audiovisual berupa slide power point. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariate menggunakan uji Wilcoxon Hasil: Nilai median pengetahuan dari 6,0 menjadi 7,0 setelah intervensi. Nilai median sikap dari 9,50 menjadi 10,0 setelah intervensi. Nilai median perilaku dari 7,0 menjadi 9,0 setelah intervensi. Pada uji Wilcoxon didapatkan hasil analisis bivariat semua variabel dengan p value <0,001 yang menunjukkan terdapat perbedaan antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan. Simpulan: Terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku antara sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan tentang stroke pada penderita hipertensi. Kata Kunci : hipertensi, pengetahuan, perilaku, sikap. ABSTRACT Background: Hypertension is the leading cause of death globally and nationally. During 2014, in Lampung Province hypertension caused 30,01% of all disease incidence. Moreover, Hypertension caused 77% of stroke incidence. In order to reduce mortality, morbidity and disability due to stroke, it can be conducted by health education intervention. The purpose of this research is to analyses knowledge, attitude, and behavior differences between before and after stroke health education. Methode: This study design is quassy-exprimental with pretest - posttest group design in 48 person who suffer from hypertension in Pasar Ambon Primary Health Center. Health education performed for one month using a lecture methode and power point slide as a audiovisual media. Data were analyzed using univariate and bivariate (Wilcoxon test). Results: The median before and after intervention of knowledge score are 6.0 and 7.0. The median before and after intervention of attitude score are 9.5 and 10.0. The median before and after intervention of behavior score are 7.0 and 9.0. Wilcoxon test showed that there was difference between before and after health education with p value <0.001 Conclusion: There are differences in knowledge, attitudes, and behaviors before and after health education about stroke in patients with hypertension. Keywords: attitude, behavior, hypertension, knowledge.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 5950019 . Digilib
Date Deposited: 26 Jan 2017 06:48
Terakhir diubah: 26 Jan 2017 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir