PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (GW) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016)

MELITA HARLEYANI , 0913024103 (2016) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK (GW) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK DUNIA TUMBUHAN (PLANTAE) (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (17Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1106Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (632Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Hasil observasi serta wawancara dengan guru biologi kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung diketahui bahwa penguasaan materi pokok dunia tumbuhan pada kelas X tahun 2015/2016 masih rendah hal ini dikarenakan guru belum menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan materi pokok pembelajaran dan proses pembelajaran kurang aktif. Model pembelajaran Gallery Walk (GW) adalah model pembelajaran yang dapat memaksa siswa untuk membuat suatu karya yang kemudian dapat menciptakan suasana pembelajaran aktif sehingga suasana kelas menjadi hidup. GW merupakan salah satu model pembelajaran yang mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Desain penelitian ini adalah pretest postes tak ekuivalen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Xb (kelas kontrol ) dan kelas Xc (kelas eksperimen) yang dipilih dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest, dan N-gain dan dianalisis dengan uji U. Hasil pretes p (0,062) < (0,104), hasil postes th (10,120) > tt (1,691), dan hasil N-gain th (7,501) > tt (1,691). Nilai N-gain per indikator C1 pada kelas kontrol diperoleh p (0,001) < (0,149) pada kelas eksperimen diperoleh p (0,001) < (0,145). Nilai N-gain per indikator C2 pada kelas kontrol diperoleh p (0,761) > (0,149) pada kelas eksperimen diperoleh p (0,761) > (0,145). Nilai N-gain per indikator C4 pada kelas kontrol diperoleh p (0,017) < (0,149) pada kelas eksperimen diperoleh p (0,017) < (0,145). Data kualitatif berupa rata-rata persentase aktivitas siswa yang diperoleh dari hasil observasi pada tiap pertemuan dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan model pembelajaran GW kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pembelajaran dengan model pembelajaran GW dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai pretest (50,37); posttest (77,75); dan N-gain (50,97). Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan rata-rata berkriteria tinggi yaitu 85,57% hal ini juga terlihat dari peningkatan untuk semua aspek yang diamati yaitu bekerjasama dengan teman berkriteria tinggi (81%); mencari informasi berkriteria sangat tinggi (90%); menuliskan pendapat atau ide berkriteria tinggi (86%); mempresentasikan hasil diskusi kelompok berkriteria tinggi (83%); dan mengajukan pertanyaan berkriteria tinggi (88%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran GW berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi pokok dunia tumbuhan (plantae). Kata kunci : aktivitas, Gallery Walk, hasil belajar, plantae.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 5966356 . Digilib
Date Deposited: 27 Jan 2017 07:27
Terakhir diubah: 27 Jan 2017 07:27
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25228

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir