HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

I MADE AFRYAN SUSANE L., (1318011080) (2017) HUBUNGAN TINGKAT STRES TERHADAP MOTIVASI MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3711Kb)
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (3712Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3711Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Latar belakang: Stres merupakan keadaan yang sering dijumpai oleh mahasiswa terutama mahasiswa tingkat akhir. Stres dapat mempengaruhi mahasiswa untuk bertindak positif yang membangun seperti adanya motivasi mengerjakan tugas atau skripsi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai hubungan tingkat stres terhadap motivasi mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sebanyak 174 responden mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung mengisi kuesioner tingkat stres dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) untuk menilai motivasi mengerjakan skripsi. Hasil penelitian: Pada penelitian ini, tingkat stres tertinggi hingga terendah yang dialami oleh responden yaitu tingkat stres sedang (53,1%), stres ringan (40,7%) dan tingkat stres berat (6,2%). Hampir seluruh responden memiliki motivasi yang tinggi (89,5%) dan sisanya (10,5%). Pada uji Kruskal-wallis didapatkan hubungan bermakna antara stres terhadap motivasi dengan nilai p=0,0001 (p<0,05). Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat stres dengan motivasi mengerjakan skripsi pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kata kunci: Motivasi, skripsi, tingkat stres. abstract Background: Stress is a condition that is often encountered by students, especially graduate student. Stress can affect a student's positive constructive act as their motivation to do the work or final task. This study aimed to assess the relationship of stress levels on the motivation of students in completing a graduate student thesis at the Faculty of Medicine, University of Lampung. Methods: This study used cross sectional approach. A total of 174 respondents on final year student were asked to complete two questionnaires, thesis work stress levels questionnaire and Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Results: Level of stress experienced by respondents from the highest to the lowest was moderate stress (53.1%), mild stress (40.7%) and severe stress (6.2%). Most of respondents had high motivation (89,5%) and the other had low motivation (10,5%). Based on bivariate analysis by kruskal-wallis, obtained a significant relationship between stress on motivation with p = 0.0001 (p<0,05). Conclusion: There was a significant relationship between stress and motivation of students who completing final task on final year students Faculty of Medicine, University of Lampung. Keywords: Final task, motivation, stress levels

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> RA Public aspects of medicine
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 6218144 . Digilib
Date Deposited: 30 Jan 2017 02:04
Terakhir diubah: 30 Jan 2017 02:04
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25305

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir