STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA MA’ARIF 05 PADANG RATU

ASEP SUKANA, 1423031005 (2016) STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI SMA MA’ARIF 05 PADANG RATU. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1615Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1776Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi masalah rendahnya kemampuan berpikir kritis dan aktivitas pembelajaran Sejarah di kelas XI SMA Ma’arif 05 Padang Ratu. Tujuan penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan tipe Talking Stick untuk melihat perbedaan kemampuan berpikir kritis dengan memperhatikan aktivitas siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini bersifat eksperimental semu dengan desain faktorial. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampel jenuh. kelas XI A menggunakan Think Pair Share dan kelas XI B menggunakan Talking Stick. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kemampuan berfikir kritis model pembejaran kooperatif tipe Think Pair Share dan model pembelajaran tipe Talking Stick pada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Ma’arif 05 Padang Ratu, (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembejaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran model pembelajaran tipe Talking Stick pada siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi, (3) kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe Talking Stick lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran model pembejaran kooperatif tipe Think Pair Share pada siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah, dan (4) ada interaksi model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis ada mata pelajaran sejarah di kelas XI SMA Ma’arif 05 Padang Ratu. Kata kunci: aktivitas, kemampuan berpikir kritis, talking stick, think pair share ABSTRACT This Research was based on problems the low the capacity to think critical and activity their experiences in the class XI SMA Ma’arif 05 Padang Ratu. The purpose of this research is the use of learning model cooperative type think pair share and type talking stick to see a difference in the capacity think critically by taking into account the activity of students. Research methodology used in this research is research comparative with the approach experiment. This research is experimental specious with the design factorials. The sample collection with using a technique sample saturated. Class XIA use think pair share and class XIB use talking stick. The research results show that (1) there is a difference in the capacity reflect critical model learning cooperative type think twisted share and learning model type talking stick on the subjects of history in the class XI SMA Ma’arif 05 Padang Ratu, (2) the ability of think critically students who learning use the model learning cooperative type think twisted share higher than to learning model type talking stick on the kids who have activity learn high, (3) the ability of think critically students who use the model learning type talking stick higher than to learning model cooperative type think twisted share on the kids who have activity learn low, and (4) there are interaction learning model and activity student learning on ability to think critically is subjects history in the class XI SMA Ma’arif 05 Padang Ratu. Keyword: activity, the capacity to think critical, think pair share, talking stick

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 5322528 . Digilib
Date Deposited: 02 Feb 2017 02:52
Terakhir diubah: 02 Feb 2017 02:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25439

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir