BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI.TKJ DI SMKN 1 BAKAUHENI

YUSNIDA FEBRIANY .H , 1423011023 (2017) BLENDED LEARNING MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XI.TKJ DI SMKN 1 BAKAUHENI. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (153Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2569Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2570Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Pengaruh TIK dalam dunia pendidikan semakin terasa karena dengan adanya TIK pola pembelajaran sedikit berbeda. Dari pola tatap muka yang konvensional atau biasa kearah pendidikan yang terbuka dan bermedia. Dengan adanya teknologi, memungkinkan untuk melakukan pembelajaran melalui distance learning atau elearning dengan menggunakan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) desain pembelajaran fisika yang tepat, (2) proses pembelajaran fisika, (3) pelaksanaan evaluasi, (4) respon siswa, dan (5) peningkatan hasil belajar Fisika materi Suhu dan Kalor dengan pembelajaran blended learning pada siswa kelas XI.TKJ di SMKN 1 Bakauheni Lampung Selatan tahun pelajaran 2015 - 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas XI.TKJ.1 dan kelas XI.TKJ.2 SMKN 1 Bakauheni Lampung Selatan. Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus pembelajaran. Pelaksanaan penelitian menerapkan pembelajaran blended learning, dimana kegiatan pembelajaran terbagi menjadi 2 bagian yaitu proses pembelajaran di kelas dengan tatap muka secara langsung dan proses pembelajaran dengan e-learning melalui web pembelajaran yang dikelola langsung oleh peneliti. Data hasil penelitian dianalisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu, terjadi peningkatan penyusunan RPP dari Siklus I sampai Siklus III dengan kategori baik meningkat menjadi kategori sangat baik, pelaksanaan pembelajaran yang lebih baik diikuti dengan meningkatnya respon siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, meningkatnya hasil belajar siswa juga tercapai dengan persentase ketuntasan belajar di kelas XI.TKJ.1 pada siklus ketiga dapat mencapai 77,8% dan persentase ketuntasan belajar di kelas XI.TKJ.2 yaitu 75%. Berdasarkan indikator keberhasilan dalam penelitian ini, hasil belajar yang ditunjukkan selama siklus ketiga telah mencapai target yang diinginkan peneliti. Kata kunci: Blended learning, pembelajaran fisika di SMK, hasil belajar siswa ABSTRACT Development in technology allow us to do distance learning or e-learning. Learning activity by distance learning or e-learning means that learning process through internet network. The aim of this classroom action research are to describe (1) design of the learning activity, (2) the learning processes, (3) how to evaluate the learning processes, (4) the students response about this learning method, and (5) the results of understanding in physics during the blended learning processes. The Method of this research was classroom action research using Blended Learning approach in which the subject of research was the students in the eleventh grade of TKJ.1 and TKJ.2 at SMKN 1 Bakauheni Lampung Selatan. This research was conducted for three cycle which each cycle combine of two different learning processes that are face-to-face learning and distance learning. The data results of this research is analyzed with a quantitative descriptive. The conclusion of this research found that there were improvement in(1) arranging the lesson plan, (2) learning activity, (3) evaluation process with two different learning method, (4) students response during learning activity, (5) student’s level concept of understanding in physics can be improved until reach the goals of this research, and (6) the percentage of average value of student’s level concept in the third cycle in XI.TKJ.1 reach 77,8% while in XI.TKJ.2 reach 75%. Key words : Blended learning, physics learning in SMK, student’s learning result.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: 0369784 . Digilib
Date Deposited: 03 Feb 2017 07:09
Terakhir diubah: 03 Feb 2017 07:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25464

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir