PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS V SDN 5 JATIMULYO KECAMATAN JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

CHINTA KARTIKA , 1313093009 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS V SDN 5 JATIMULYO KECAMATAN JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1690Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1690Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian ini adalah aktivitas siswa kelas V SDN 5 Jatimulyo Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan masih pasif dan ketuntasan hasil belajarnya masih rendah, yaitu 36,6%. Tujuan penelitian adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA melalui Penerapan Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan pembelajaran dalam penelitian ini terdiri atas tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar observasi untuk aktivitas belajar siswa dan tes untuk hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Model Pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas belajar siswa, pada siklus I mencapai 63% berkategori kurang aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 72% berkategori cukup aktif serta pada siklus III meningkat menjadi 80% berkategori aktif. Ketuntasan hasil belajar pada siklus I memiliki persentase ketuntasan yang mencapai 57%, dengan rata-rata nilai adalah 64, pada siklus II memiliki persentase ketuntasan yang meningkat menjadi 77% dengan rata-rata nilai adalah 71 dan pada akhir siklus III persentase ketuntasan mencapai 90% dengan rata-rata nilai 80. Kata kunci : Aktivitas, hasil belajar, IPA, TGT.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 9661068 . Digilib
Date Deposited: 08 Feb 2017 04:42
Terakhir diubah: 08 Feb 2017 04:42
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25499

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir