PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAYA MESUJI

NIA ANDRIANI, 1213043033 (2017) PEMANFAATAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN TARI MULI SIGER DI SMP NEGERI 1 TANJUNG RAYA MESUJI. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4Mb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak

Rumusan masalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran tari muli siger di SMP Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan media audio visual dalam pembelajaran tari muli siger di SMP Negeri 1 Tanjung Raya. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran konstruktivisme. Teori pembelajaran kontruktivisme ini diaplikasikan pada saat proses pembelajaran tari. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian siswi kelas VII.A yang berjumlah 7 siswi dan guru pembimbing ekstrakurikuler seni tari. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, dokumentasi yang berupa foto dan video, dan wawancara dilakukan pada guru seni budaya. Pada proses pembelajaran memanfaatkan media audio visual selama proses pembelajaran dilaksanakan delapan kali pertemuandan, hasil yang diperoleh dengan memanfaatan media audio visual dalam pembelajaran tari muli siger hasilnya adalah siswi mampun melaksanakan proses pembelajaran dengan baik dan mendapatkan nilai kriteria cukup dengan didukung media auidio visual untuk tercapainya proses latihan yang baik dan maksimal. Kata kunci : Media audio visual, pembelajaran, tari muli siger ABSTRACT The background of this research was how to use of audio-visual media in learning Muli Siger dance in SMP Negeri 1 Tanjung Raya. The aim of this study was to describe the use of audio-visual media in teaching muli siger dance at SMP Negeri 1 Tanjung Raya. This study used the constructivism learning theory. Constructivism learning theory is applied during the process of learning dance. This study used a qualitative descriptive design. The subjects in this research were grader 7 students of VII A and dancing extracurricular tutor. The data collection techniques used were observation, documentation in the form of photos and videos, and interviews were conducted on a teacher of art and culture. The audio-visual media was utilized during the eight-meeting learning process. The result showed that by applying audio-visual media, students were able to achieve learning goals well and it helped them to gain good scores. It also helped the maximal process of learning and practices. Keywords: audio-visual media, learning, Muli Siger dance

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> NX Arts in general
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari
Pengguna Deposit: 1718145 . Digilib
Date Deposited: 21 Feb 2017 06:41
Terakhir diubah: 27 Feb 2017 02:38
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir