ANALISIS STRATEGI BISNIS McDONALD’S DI LABUHAN RATU

FAHRUL ROZIE AMRAN , 1311011056 (2017) ANALISIS STRATEGI BISNIS McDONALD’S DI LABUHAN RATU. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (161Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2272Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2272Kb) | Preview

Abstrak

Perubahan gaya hidup dan perilaku konsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari makin mempengaruhi minat masyarakat untuk mengkonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji dipilih karena beberapa hal antara lain waktu pemesanan yang singkat, pelayanan yang baik, rasa, dan mutu yang ditawarkan oleh perusahaan. Perubahan ini dimanfaatkan oleh perusahaan yang menawarkan produk makanan cepat saji sebagai peluang mereka untuk membuka gerai baru. Bandar Lampung adalah salah satu kota di Indonesia yang menjadi pilihan McDonald’s sebagai salah satu perusahaan besar penyedia makanan cepat saji. Tingginya persaingan restoran penyedia makanan cepat saji di wilayah Labuhan Ratu kota Bandar Lampung mengharuskan McDonald’s gerai Labuhan Ratu untuk memaksimalkan seluruh peluang dan kelebihannya serta mengantisipasi ancaman dan meminimalisir kelemahan yang ada untuk menjaring konsumen dan berkompetisi dibidang penyedia makanan cepat saji. Didirikan di lokasi yang sangat strategis McDonald’s Labuhan Ratu sudah memiliki pesaing yang terlebih dahulu dibuka di lokasi yang sangat dekat, hal ini menjadi salah satu ancaman McDonald’s sebagai penyedia barang dan jasa yang sejenis. Penelitian ini bertujuan untuk mengindentifikasi faktor internal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal yang menjadi peluang dan ancaman bagi McDonald’s Labuhan Ratu. Menganalisis alternatif strategi apa yang sesuai dan merekomendasikan prioritas strategi yang dianalisis dengan metode analisis deskriptif dan tahapan formulasi- formulasi yaitu matriks IFE dan matriks EFE, matriks IE, SWOT, pemilihan alternatif strategi prioritas dengan metode QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor internal terdapat 19 kekuatan dan 6 kelemahan, dan faktor eksternal terdapat 9 peluang dan 8 ancaman. Berdasarkan matriks IFE dan EFE menghasilkan total skor sebesar 3,05 dan 2,59. Hasil perumusan dan pemetaan matriks IE McDonald’s Labuhan Ratu berada pada posisi tumbuh dan berkembang. Strategi yang tepat untuk dijalankan yaitu strategi intensif dan integratif. Hasil analisis SWOT dihasilkan 8 strategi yang kemudian diprioritaskan dengan metode QSPM yaitu memaksimalkan sarana penunjang dan sumber daya manusia untuk mempertahankan konsumen lama dan menjaring konsumen yang baru dengan jumlah nilai daya tarik (STAS) tertinggi sebesar 3.07, lalu diikuti dengan strategi menjaga loyalitas dengan stake holder, memaksimalkan penggunaan media informasi internet dan sosial media untuk mempromosikan menu-menu baru, membenahi penempatan mushalla, menurunkan tingkat impor pada bahan baku untuk meminimalisir biaya produksi, memberikan informasi sebaik mungkin kepada konsumen, memperbaiki instalasi limbah, menjaga loyalitas karyawan dengan terus memberikan reward dan mengangkat menjadi karyawan tetap. Kata kunci: McDonald’s Labuhan Ratu, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, QSPM abstract Changes in lifestyle and consumption behavior of people in everyday life increasingly affect the interest of the public to consume fast food. Fast food chosen for several reasons, among others, ordering a short time, good service, taste, and quality offered by the company. These changes are used by many companies that offer fast food products as an opportunity for them to open new outlets. Bandar Lampung is one of the cities in Indonesia is the choice of McDonald's as one of the major providers of fast food. High competition provider of fast food restaurants in the city of Bandar Lampung Labuhan Ratu require Labuhan Ratu McDonald's outlets to maximize all the opportunities and advantages as well as to anticipate the threat and minimize the weaknesses that exist to attract customers and compete in the field of fast food providers. Established in a very strategic location McDonald's Labuhan Ratu own competitor who first opened at the location which is very close, it is becoming one threat to McDonald's as a provider of goods and services were similar. This study aims to identify the internal factors into strengths and weaknesses as well as external factors into opportunities and threats for McDonald's Labuhan Ratu. Analyze what the appropriate strategic alternatives and recommends strategic priorities were analyzed with descriptive analysis method and formulations which stages IFE and EFE matrix matrix, IE matrix, SWOT, alternative selection method priority strategies QSPM. These results indicate that internal factors are 19 strengths and weaknesses 6, and external factors, there are 9 opportunities and threats 8. Based on IFE and EFE matrix to produce a total score of 3.05 and 2.59. The results of the mapping matrix formulation and IE McDonald's Labuhan Ratu be in a position to grow and thrive. The right strategy is to run intensive and integrative strategies. SWOT analysis produced eight strategies are then prioritized by the method QSPM is to maximize the supporting facilities and human resources to retain old customers and attract customers new to the total amount appeal (Stas) high of 3:07, followed by a strategy to maintain the loyalty of the stakeholders , maximize the use of information media internet and social media to promote new menus, reorganize placement mushalla, lowering the level of imports of raw materials to minimize production costs, provide the best possible information to consumers, improve waste installations, maintain employee loyalty by continuing to provide reward and lifted into permanent employees. Keywords: McDonald's Labuhan Ratu, Factor Internal, External Factors, IFE matrix, EFE Matrix, IE Matrix, SWOT Matrix, QSPM

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: 6272627 . Digilib
Date Deposited: 20 Feb 2017 07:18
Terakhir diubah: 20 Feb 2017 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25632

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir