STUDI STIMULASI PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH PADI SAWAH (Oryza sativa L.) VARIETAS INPARI 30 DENGAN EKSTRAK AIR BAWANG MERAH (Allium cepa L.)

KARLISA ANGGREANI, 1317021043 (2017) STUDI STIMULASI PERKECAMBAHAN DAN PERTUMBUHAN KECAMBAH PADI SAWAH (Oryza sativa L.) VARIETAS INPARI 30 DENGAN EKSTRAK AIR BAWANG MERAH (Allium cepa L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1394Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1395Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ekstrak air umbi bawang merah mempengaruhi perkecambahan dan pertumbuhan kecambah padi sawah varietas Inpari 30 serta mengetahui pada konsentrasi berapa ekstrak air umbi bawang merah dapat menstimulasi pertumbuhan kecambah padi. Penelitian dilakukan pada bulan November 2016 di Laboratorium Fisiologi Tumbuhan, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Lampung. Variabel dalam penelitian ini adalah panjang akar, panjang daun, panjang kecambah, berat segar, berat kering, kadar air relatif, kandungan klorofil a, kandungan klorofil b dan kandungan klorofil total. Penelitian dilaksanakan dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan ekstrak air umbi bawang merah (Allium cepa L.) sebagai faktor utama yang terdiri dari 5 taraf konsentrasi: 0% v/v (kontrol), 25% v/v, 50% v/v, 75% v/v dan 100% v/v. Analisis ragam dan BNT dilakukan pada taraf nyata 5%. Hubungan antara variabel bebas dan variabel tidak bebas ditentukan berdasarkan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrak air bawang merah tidak berpengaruh terhadap daya kecambah padi sawah varietas Inpari 30. Ekstrak air bawang merah pada konsentrasi 75 % v/v dan 100 % v/v menurunkan secara nyata panjang akar, berat segar dan kadar air relatif. Konsentrasi 25% v/v meningkatkan pertumbuhan panjang daun, panjang kecambah, kandungan klorofil b dan kandungan klorofil total. Kata Kunci : Bawang merah, padi sawah varietas Inpari 30, variabel Pertumbuhan

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 1515379 . Digilib
Date Deposited: 24 Feb 2017 04:24
Terakhir diubah: 24 Feb 2017 04:24
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25737

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir