ANALISIS KEDALAMAN DAN ARAH KEMIRINGAN BIDANG GELINCIR BERDASARKAN DATA GEOLISTRIK DI JALAN TENTENA – MOROWALI, SULAWESI TENGAH

MARENO MARIKSON SIHOMBING, 0915051023 (2016) ANALISIS KEDALAMAN DAN ARAH KEMIRINGAN BIDANG GELINCIR BERDASARKAN DATA GEOLISTRIK DI JALAN TENTENA – MOROWALI, SULAWESI TENGAH. FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (405Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3351Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (4006Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Telah dilakukan penelitian metode geolistrik konfigurasi Wenner-Schulumberger di jalan Tentena-Morowali, Sulawesi Tengah yang menyebar pada 7 area jalan sebanyak 14 line dimana line A tegak lurus dengan jalan dan line B sejajar dengan jalan. Pengukuran dari lapangan menggunakan 16 elektroda dengan jarak spasi 10 meter. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan kedalaman dan arah bidang gelincir di area rawan longsor. Perhitungan nilai resistivitas batuan di bawah permukaan dilakukan menggunakan software RES2DINV dengan pemodelan inversi 2D. Daerah penelitian memiliki nilai resistivitas antara 0,05 Ωm hingga 2920 Ωm, dimana nilai resistivitas yang lebih rendah mewakili lapisan yang lebih basah dan resistivitas yang lebih tinggi mengindikasikan lapisan yang lebih kering. Berdasarkan harga penyebaran resistivitas batuan bawah permukaan maka diidentifikasikan pada daerah penelitian berpotensi longsor. Berdasarkan nilai kemiringannya line MS1_A, MS2_A, MS3_A, MS5_A dan MS6_A merupakan daerah rawan longsor dikarenakan nilai kemiringannya diatas 15% dan diindikasikan adanya bidang gelincir di bawah permukaan. Pada line MS4_A dan MS7_A ditinjau dari nilai kemiringan tidak termasuk daerah rawan longsor akan tetapi ditemukannya bidang gelincir dari hasil penelitian ini, mengingat tinggiginya curah hujan maka akan dapat memicu terjadinya gerakan tanah atau longsoran. Kata Kunci : Bidang gelincir, geolistrik, Morowali DEPTH ANALYSIS AND DIRECTION OF SLIDING PLANE BASED ON RESISTIVITY DATA IN TENTENA-MOROWALI’S ROAD, CENTRAL SULAWESI Resistivity method Wenner-Schulumberger configuration has research in Morowali-Tentena’s road, Central Sulawesi, which spread on the seven street area where as many as 14 line perpendicular to the line A and line B parallel to the road. Measurements of the field with 16 electrodes with a spacing of 10 meters. This study was conducted to determine the depth and direction of the sliding plane in an area prone to landslides. The calculation of the value of rock resistivity below the surface conducted using software RES2DINV with 2D inversion modeling. The research area has a resistivity values between 0.05 Ωm up to 2920 Ωm, which lower resistivity values representing a wetter layers and higher resistivity indicates a drier layer. Based on the rates spread of rock resistivity of the subsurface then identified in the research prone to landslide area. Based on the value of the slope line MS1_A, MS2_A, MS3_A, MS5_A and MS6_A is prone to landslides due to the value of the slope is above 15% and indicated their sliding plane below the surface. In line MS4_A and MS7_A terms of slope values do not include landslide-prone areas but found sliding plane of the results of this study, considering the high rainfall it will be able to trigger the movement of the ground or landslide. Keywords : landslide, resistivity, Morowali

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Teknologi (General)
> Teknologi (General)
Teknologi (General)

> Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
> Rekayasa jalan raya . Jalan dan trotoar
Program Studi: Fakultas Teknik > Prodi S1-Teknik Geofisika
Pengguna Deposit: 2202591 . Digilib
Date Deposited: 25 Feb 2017 06:49
Terakhir diubah: 25 Feb 2017 06:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25758

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir