IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPA SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 BUAY BAHUGA WAY KANAN (Studi Deskriptif Tentang Identifikasi Miskonsepsi Materi IPA Biologi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP 2 Buay Bahuga Way Kanan Tahun Pelajaran 2015/2016)

SISKA SEPTI TURMIATI, 1213024067 (2017) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI IPA SEMESTER GENAP PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 BUAY BAHUGA WAY KANAN (Studi Deskriptif Tentang Identifikasi Miskonsepsi Materi IPA Biologi pada Siswa Kelas VII Semester Genap SMP 2 Buay Bahuga Way Kanan Tahun Pelajaran 2015/2016). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1033Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1033Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi materi IPA Biologi dan materi IPA yang paling banyak terjadi miskonsepsi pada siswa. Desain penelitian ini menggunakan kajian deskriptif. Data kuantitatif diperoleh dari tes soal pilihan jamak dan esay yang di analisis dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Data kualitatif berupa hasil wawancara tentang miskonsepsi dengan guru pelajaran IPA. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII1 dan VIII2 semester genap yang dipilih dari populasi secara simple random sampling, sehingga diperoleh total siswa sampel 58. Hasil perhitungan siswa menunjukkan bahwa kategori miskonsepsi dan tidak tahu konsep siswa mencapai 55% dari jumlah siswa. Miskonsepsi berdasarkan kriteria jawaban Certainly of Response Index (CRI) yaitu 13,28. Hasil persentase iii perhitungan miskonsepsi siswa yaitu 22,89% dan masuk ke dalam kriteria rendah. Sub konsep yang paling dominan mengalami miskonsepsi pada materi satuansatuan ekosistem. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa miskonsepsi yang terjadi pada materi IPA Biologi kelas VII semester genap adalah ciri dan klasifikasi makhluk hidup, ekosistem, kepadatan populasi manusia, dan peranan manusia dalam pengelolaan lingkungan. Kata kunci : miskonsepsi, Certainty of Response Index, IPA Biologi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 3025760 . Digilib
Date Deposited: 01 Mar 2017 08:37
Terakhir diubah: 01 Mar 2017 08:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25910

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir