MOTIF ORANG TUA MENGUNGGAH FOTO DAN VIDEO ANAK PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Orang Tua Selebgram Cilik)

ARUM NILASARI , (1216031020) (2017) MOTIF ORANG TUA MENGUNGGAH FOTO DAN VIDEO ANAK PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Pada Orang Tua Selebgram Cilik). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2186Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1740Kb) | Preview

Abstrak

Instagram yaitu sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengunggah foto atau video, dimana pengguna lainnya bisa memberikan like dan komentar pada foto atau video yang telah diunggah. Instagram merupakan media sosial baru yang berdiri tahun 2010, kemudian mulai booming pada tahun 2013, dan banyak digunakan oleh para remaja maupun orang tua. Instagram memiliki 22 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia. Setiap orang bisa dengan mudah berkomunikasi dan berbagi aktivitasnya melalui foto dan video yang diunggah di media sosial Instagram. Namun ada satu fenomena unik yang bisa diamati disini, yaitu motif orang tua. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apa motif orang tua mengunggah foto dan video anak dalam media sosial Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif orang tua mengunggah foto dan video anak dalam media sosial Instagram. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan menggunakan landasan teori belajar sosial dan teori kebutuhan Maslow. Pengumpulan data tentang motif orang tua dalam penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara melalui e-mail, serta mengamati dan memperhatikan orang tua dalam mengunggah foto dan video anak pada media sosial Instagram. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua telah menggunakan keenam motif yaitu motif ingin tahu, motif kompetensi, motif cinta, motif harga diri dan kebutuhan untuk mencari identitas, kebutuhan akan nilai, kedambaan dan makna kehidupan dan kebutuhan pemenuhan diri. Dari keenam motif tersebut menunjukkan bahwa motif yang paling banyak digunakan oleh orang tua yaitu motif kompetensi. Sedangkan motif yang kurang digunakan oleh orang tua yaitu motif harga diri dan kebutuhan untuk mencari identitas. Meskipun demikian, semua orang tua memiliki tujuan yang sama dalam mengunggah foto dan video anak yaitu sharing. Kata Kunci : Media sosial, Motif, Instagram, Teori belajar sosial dan Teori Kebutuhan Maslow ABSTRACT Instagram is an application used to upload photos and videos where the users can “like” and “comment” to the uploaded photos and videos. Instagram is a new social media formed in 2010. It is booming on 2013 and is used by teenagers and adults. Instagram has 22 million active users monthly in Indonesia. Everyone is able to communicate and share their activities easily by uploading photos and videos to social media Instagram. Therefore, there is a unique phenomenon to be observed, it is motive of parents. The problem of this study is what are the motives of parents to upload photos and videos of children on social media. The purpose of the research is to know what are the motives of parents to upload photos and videos of children on social media Instagram. The research used qualitative descriptive method based on social learning and need theory of Maslow. The data were collected through interviews and observation to the accounts. The result of this research shows that parents had use the six motives, those are motive of curiosity, competency, love, self esteem, need of value, yearning and the meaning of life and need of self fulfillment. The most used motives by parents from the six motives are motive competency and the least used is motive of need to find self identity. Otherwise, the parents have the same purpose on uploading photo and videos on Instagram, it is to share. Keywords : social media, motive, Instagram, Social Learning Theory and Need Theory Of Maslow

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 7297967 . Digilib
Date Deposited: 08 Mar 2017 03:46
Terakhir diubah: 08 Mar 2017 03:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26012

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir