PUTRI SULAMTINA , 1213024053 (2017) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMP NEGERI KELAS VIII SE-KECAMATAN JATIAGUNG LAMPUNG SELATAN PADA MATERI FOTOSINTESIS DAN RESPIRASI TUMBUHAN TAHUN AJARAN 2015/2016. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (911Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (768Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengetahui miskonsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri se-Kecamatan Jatiagung pada materi fotosintesis dan respirasi, dan faktor - faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi siswa. Sampel penelitian terdiri dari 282 siswa kelas VIII Tahun Ajaran 2015/2016 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain penelitian menggunakan desain penelitian deskriptif sederhana. Instrumen yang digunakan adalah soal mengenai materi fotosintesis dan respirasi, angket guru dan angket siswa mengenai faktor-faktor yang menyebabkan miskonsepsi. Data kuantitatif berupa skor miskonsepsi yang diperoleh dari jawaban siswa kemudian dianalisis dengan melakukan perhitungan rerata skor serta diinterpretasikan ke dalam kriteria tingkat miskonsepsi. Data kualitatif berupa faktor-faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi diperoleh melalui angket, kemudian dianalisis dengan persentase dan Uji Korelasional Pearson Product Moment. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat miskonsepsi berkategori “sedang” (38,63±2,39). Siswa mengalami miskonsepsi pada materi fotosintesis sebesar 34,83±4,16, respirasi sebesar 26,86±7,40 dan fotosintesis respirasi sebesar 29,75±4,71. Pada konsep fotosintesis subkonsep dengan persentase miskonsepsi siswa yang tertinggi adalah bahan baku fotosintesis, sebesar 64,10±2,90, pada materi respirasi, yaitu tempat terjadinya respirasi, sebesar 51,20±4,97 dan pada materi fotosintesis respirasi, yaitu keterkaitan fotosintesis dengan respirasi sebesar 43,70±53,81. Faktor yang berpengaruh terhadap miskonsepsi yaitu keterarahan dalam pembelajaran dengan nilai korelasi -0,177, penggunaan metode ceramah dengan nilai korelasi 0,143, interaksi guru dengan siswa dengan nilai korelasi -0,149, pembahasan tugas rumah dengan nilai korelasi -0,157, pemahaman penggunaan bahasa dengan nilai korelasi -0,134, serta minat terhadap pembelajaran dengan nilai korelasi -0,128. Dengan demikian disimpulkan bahwa miskonsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri se Kecamatan Jatiagung pada materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan berkategori “sedang” dan dipengaruhi oleh faktor guru, konteks, dan minat siswa dalam pembelajaran. Kata kunci: Certainty Resposibility Indeks, miskonsepsi, fotosintesis, respirasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 5857519 . Digilib |
Date Deposited: | 09 Mar 2017 07:41 |
Terakhir diubah: | 09 Mar 2017 07:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26044 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |