PENGARUH STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP TIPE LABA-LABA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017

M. Fadlan, 1313033050 (2017) PENGARUH STRATEGI BELAJAR PETA KONSEP TIPE LABA-LABA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (155Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2206Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3361Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tinggi rendahnya hasil belajar siswa tidak semata-mata hanya ditentukan oleh usaha siswa itu sendiri, melainkan juga ditentukan oleh penggunaan strategi belajar yang tepat. Berdasarkan observasi yang dilakukan, diketahui pembelajaran IPS Terpadu semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 belum memenuhi KKM. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan strategi pembelajaran yang tepat, yaitu strategi belajar peta konsep tipe laba-laba. Peta konsep tipe laba-laba dapat berperan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi belajar peta konsep tipe laba-laba terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan strategi belajar peta konsep tipe laba-laba terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode True Experimental Design dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Teknik analisis data menggunakan rumus koefisen korelasi Eta (ȵ) dan uji f. Hasil penelitian, menunjukkan ada pengaruh yang positif dengan nilai 0,66 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dan nilai signifikan yang diperoleh adalah 46,31 sehingga strategi belajar peta konsep tipe laba-laba dapat dihandalkan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif IPS Terpadu. Dapat disimpulkan ada pengaruh yang positif dan signifikan strategi belajar peta konsep tipe laba-laba terhadap hasil belajar kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII SMPN 4 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pengaruh, Peta Konsep tipe Laba-laba, Strategi

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LA History of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS
Pengguna Deposit: 4112671 . Digilib
Date Deposited: 06 Apr 2017 02:05
Terakhir diubah: 06 Apr 2017 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26160

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir