PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN FISIKA

IBNU AINUN NAJIB, 1113022023 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN FISIKA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2197Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2125Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh modelpembelajaran problem based learningterhadap keterampilan berpikir kreatif siswa serta mengetahui peningkatan keterampilan berfikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada pembelajaran fisika menggunakan model problem based learning. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dan VIII B di SMP Negeri 1 Trimurjo. Metode penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Designdengan jenis pretest-posttest group design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas, independen sample t-test, dan paired sample T test. Hasil penelitian yang ditunjukan dari uji independent sample t test sebesar sig 0,000 dan dari uji paired sample T test adalah Sig. 0,000 maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan model PBL terhadap keterampilan berpikir kreatif yang signifikan terhadap hasil belajar. Pengaruh penggunaan model terhadap hasil belajar juga ditunjukan oleh peningkatan hasil belajar keterampilan berpikir kreatif siswa dengan kategori sedang (g=0,39) sehingga dapat dinyatakan model PBL dapat meningkatkan ketrampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci:keterampilan berpikir kreatif,pembiasan cahaya, problem based learning.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 8120141 . Digilib
Date Deposited: 12 Apr 2017 04:29
Terakhir diubah: 12 Apr 2017 04:29
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26210

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir