ULAN FITRIANI, 1213033075 (2017) PENERAPAN MODEL RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 3 SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3214Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2527Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Pembelajaran yang aktif dan interaktif adalah hal yang ingin dicapai dalam proses pembelajaran, diharapkan akan tumbuh dan berkembang potensi siswa dan mengoptimalkan hasil belajar. Kegiatan belajar mengajar juga tentunya harus mengikuti perkembangan zaman, misalnya belajar mengajar menggunakan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan pembelajaran tercapai adalah menerapkan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Siswa Setelah Menggunakan Model Reciprocal Teaching pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017?”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui “ada atau tidak ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah menggunakan model Reciprocal Teaching pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas XI IPS 3 di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Sampel dipilih menggunakan teknik Sampling Jenuh. Adapun alat ukur yang digunakan peneliti yaitu tes soal objektif sebanyak 15 butir soal. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif deskriptif yaitu dengan melihat hasil data test dari sampel yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa penerapan model Reciprocal Teaching dapat meningkatkanan hasil belajar kognitif siswa. Terlihat dari 43 siswa yang mengikuti 3 kali test ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa, test pertama sebanyak 19 siswa (41,8%) yang nilainya mampu mencapai >73,00, test kedua sebanyak 26 siswa (60,4%) yang nilainya mampu mencapai >73,00, dan test ketiga sebanyak 35 siswa (81,4%) yang nilainya mampu mencapai >73,00.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Sejarah IPS |
Pengguna Deposit: | 9202770 . Digilib |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 07:38 |
Terakhir diubah: | 11 Apr 2017 07:38 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26212 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |