TINI APRILIA SARI , 1213024070 (2017) KAJIAN MISKONSEPSI MATERI SUBSTANSI GENETIKA PADA SISWA SMA SWASTA KELAS XII SE-KECAMATAN TANJUNG SENANG BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1557Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1557Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa serta faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta se-Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung yang terdiri dari tiga SMA yaitu SMA Yadika, SMA Gajah Mada dan SMA Pangudiluhur. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi SMA kelas XII yang berjumlah 148 siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif untuk miskonsepsi siswa dan faktor yang mempengaruhi miskonsepsi siswa dengan uji korelasi Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat pemahaman konsep siswa pada materi substansi genetika yang paling tinggi persentasenya yaitu pada kategori “Tidak Paham Konsep” sebesar 55,1%, sedangkan kategori “Miskonsepsi” merupakan kategori dengan presentase tertinggi kedua yaitu sebesar 32,9%. Pada materi substansi genetika konsep RNA merupakan konsep yang persentase iv mikonsepsinya paling tinggi diantara konsep yang lain yaitu sebesar 44,91%. Miskonsepsi yang terjadi pada siswa dipengaruhi oleh faktor motivasi belajar siswa dan metode yang digunakan dalam proses belajar mengajar yang ditunjukkan dengan ditemukannya korelasi dengan arah korelasi berlawanan antara motivasi belajar siswa dan metode yang digunakan guru dengan miskonsepsi siswa. Kata kunci : Certainty of Response Index (CRI), faktor peyebab miskonsepsi, miskonsepsi, substansi genetika
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 1212342 . Digilib |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 03:41 |
Terakhir diubah: | 13 Apr 2017 03:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26241 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |