Intan Komala Sari, 1313031045 (2017) STUDI KOMPARATIF KETERAMPILAN SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE GROUP TO GROUP EXCHANGE (GGE) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEMPERHATIKAN KONSEP DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII SMP NEGERI 30 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (2881Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (2285Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa serta mengkaji tentang keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model Group to Group Exchange dan Group Investigation dengan mempertikan konsep diri siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu pada siswa kelas VIII SMP Negeri 30 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas keterampilan sosial dengan model pembelajaran Group to Group Exchange dan Group Investigation dengan memperhatikan konsep diri siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Treatment by Level 2x2. Populasi penelitian ini 378 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 84 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-Test dua sampel independen dan analisis varian dua jalan. Hasil peneltian menunjukkan: 1) terdapat perbedaan keterampilan sosial antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran Group to Group Exchange dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada mata pelajaran IPS Terpadu, 2) keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation pada siswa yang memiliki konsep diri positif pada mata pelajaran IPS Terpadu, 3) keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Group Invetigation lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Group to Group Exchange pada siswa yang memiliki konsep diri negatif pada mata pelajaran IPS Terpadu, 4) ada interaksi antara penggunaan model pembelajaran dan konsep diri siswa terhadap keterampilan sosial siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Kata kunci: keterampilan sosial, group to group exchange, group investigation, konsep diri siswa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | 6660290 . Digilib |
Date Deposited: | 20 Apr 2017 04:21 |
Terakhir diubah: | 20 Apr 2017 04:21 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26295 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |