PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMK N 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Roza Novi Linda, 1313041078 (2017) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMK N 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Fakultas FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3440Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1139Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS PADA SISWA KELAS X SMK N 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 Oleh ROZA NOVI LINDA Masalah penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Adapun tujuannya adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran menulis teks prosedur kompleks di kelas X AK 4 SMK Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara (1) wawancara, untuk mengetahui rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan hasil penilaian pembelajaran yang dibuat oleh guru, (2) observasi, yakni mengamati aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran, (3) dokumentasi, yaitu RPP, video dan foto pembelajaran, serta penilaian pembelajaran menulis teks prosedur kompleks yang dilakukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan guru melakukan tiga tahap kegiatan dalam pembelajaran. Ketiga kegiatan dimaksud mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran. Pada perencanaan pembelajaran guru telah menyusun RPP yang lengkap berdasarkan komponen-komponen RPP. Pada pelaksanaan pembelajaran terjadi dua aktivitas, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa. Ketika pelaksanaan pembelajaran guru melakukan tiga kegiatan, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat ketidakruntutan penyampaian pembelajaran yang disampaikan guru dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013, dalam kegiatan pembelajaran juga terdapat ketidaksesuaian alokasi waktu dan penggunaan media yang berupa slide power point yang telah direncanakan pada RPP dengan pelaksanaannya di kelas. Namun, semua kegiatan yang direncanakan pada RPP telah terlaksana. Pada penilaian pembelajaran menulis teks prosedur kompleks, guru menggunakan teknik tes tertulis dan tes praktik/unjuk kerja. Kata kunci: menulis, pembelajaran, teks prosedur kompleks.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> ML Literature of music
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 3053130 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2017 06:20
Terakhir diubah: 20 Apr 2017 06:20
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26299

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir