PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS V SDN 49 GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN 2016/2017

INDRA BANGSAWAN, 1313093053 (2017) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL STAD PADA SISWA KELAS V SDN 49 GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1209Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1210Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas belajar siswa kelas V SDN 49 Gedongtataan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui pembelajaran model Student Teams Achivement Division (STAD) (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 49 Gedongtataan pada pelajaran Bahasa Indonesia melalui pembelajaran model STAD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model STAD yaitu siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan 4-5 orang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku, kemudian siswa bekerja sama dalam tim.Data dikumpulkan dengan observasi dan tes, dan dianalisis secara deskriptis kualitatif. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari 62 % pada siklus pertama menjadi 78 % pada siklus kedua, sehingga mengalami peningkatan 16 %, (2) kemampuan membaca cerita pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mencapai KKM mengalami peningkatan, dengan rata-rata 60 % pada siklus pertama menjadi 80 % pada siklus kedua. Kata kunci: Aktivitas, Metode STAD, Hasil belajar Bahasa Indonesia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 6836899 . Digilib
Date Deposited: 20 Apr 2017 08:26
Terakhir diubah: 20 Apr 2017 08:26
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26303

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir