DIAN MIRA FADELA, 1313023014 (2017) EFEKTIVITAS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LAJU REAKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1055Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1057Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pendekatan saintifik pada materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam meningkatkan keterampil-an proses sains siswa. Pendekatan saintifik terdiri dari 5 tahap, yaitu mengamati, me-nanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan The Matching Only Pretest-Postest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 9 Bandarlampung semester ganjil Tahun 2016-2017 dengan kelas XI IPA 5 dan XI IPA 6 sebagai sampel. Efektivitas pembelajaran ini diukur berdasar-kan perbedaan n-gain yang signifikan antar kelas kontrol dan kelas eksperimen yang ditinjau dari rata-rata n-gain, aktivitas siswa, dan kinerja siswa. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-gain keterampilan proses sains kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,23 dan 0,71, meningkatnya aktivitas dan kinerja siswa. Berdasarkan pengujian hipotesis, kelas dengan pembelajaran menggunakan pendekat-an saintifik memiliki keterampilan proses sains yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pem-belajaran materi faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi menggunakan pen-dekatan saintifik efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa ditinjau dari meningkatnya aktivitas siswa setiap pertemuan dan meningkatnya kinerja siswa setiap praktikum. Kata kunci : faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, keterampilan proses sains siswa, pendekatan saintifik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 2813660 . Digilib |
Date Deposited: | 25 Apr 2017 06:32 |
Terakhir diubah: | 25 Apr 2017 06:32 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26367 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |