TEMA DAN AMANAT DALAM KUMPULAN CERPEN JURAGAN HAJI KARYA HELVY TIANA ROSA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA

BERNADHETA ELSA PRATRISTA, 1213041014 (2017) TEMA DAN AMANAT DALAM KUMPULAN CERPEN JURAGAN HAJI KARYA HELVY TIANA ROSA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] FIle PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (893Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (606Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRAK Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tema dan amanat dalam cerpen pada kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tema dan amanat dalam cerpen pada kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa dan kelayakannya sebagai bahan ajar sastra di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah cerpen-cerpen dalam kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis teks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tema yang terdapat pada kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa adalah tema organik, tema sosial, tema egois, dan tema ketuhanan. Amanat yang terdapat pada kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa adalah amanat yang disampaikan secara implisit dan eksplisit. Kumpulan cerpen Juragan Haji karya Helvy Tiana Rosa layak untuk dijadikan sebagai alternatif bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia siswa SMA kelas XI karena memenuhi syarat empat aspek pemilihan bahan ajar, yaitu (1) aspek bahasa, (2) aspek psikologi, (3) aspek latar belakang budaya, dan (4) pendidikan karakter. Kata kunci : amanat, bahan ajar, cerita pendek, tema.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Pengguna Deposit: 33893939 . Digilib
Date Deposited: 27 Apr 2017 08:36
Terakhir diubah: 27 Apr 2017 08:36
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26458

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir