PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS

RATRI SEKAR PERTIWI, 1423022034 (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, MATHEMATICS) UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK (ABSTRACT).pdf

Download (10Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (994Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (914Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abad 21 menuntut siswa untuk mengembangakan keterampilan berpikir, salah satunya adalah keterampilan berpikir kreatif. Hasil studi TIMSS dan PISA menunjukkan bahwa keterampilan berpikir siswa masih rendah. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kreatif adalah pendekatan pembelajaran STEM. Hal tersebut efektif jika didukung dengan bahan ajar berupa LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan LKS dengan pendekatan STEM untuk melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang memuat tujuh langkah penelitian. Pengembangan LKS diawali dengan analisis kebutuhan. Selanjutnya tahap perencanaan kemudian dilakukan pengembangan produk berupa LKS. Agar LKS yang telah dikembangkan tervalidasi dengan baik, maka dilakukan uji validitas produk dari segi isi, konstruk, dan keterbacaan menggunakan instrumen angket. Hasil rerata nilai validitas isi sebesar dan validitas konstruk masuk kategori baik, serta keterbacaan produk masuk kategori sangat baik, sehingga dapat dinyatakan bahwa LKS layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Ujicoba lapangan terhadap pengguna dilakukan untuk mengetahui efektivitas produk dengan instrumen tes dan respon pengguna dengan instrumen angket. Hasil respon guru masuk kategori baik dan hasil respon siswa masuk kategori sangat baik. Hasil uji efektivitas diketahui bahwa rerata nilai posttest lebih besar dari rerata nilai pretest dan nilai n-gain kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol. Keterampilan berpikir kreatif siswa juga mengalami peningkatan untuk setiap indikator berpikir kreatif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan yakni LKS dengan pendekatan STEM telah efektif dalam melatih keterampilan berpikir kreatif siswa. Kata kunci: keterampilan berpikir kreatif, lembar kerja siswa, pendekatan STEM abstract 21st Century requires students to develop the skills of thinking, one of which is the creative thinking skills. TIMSS and PISA study results show that the thinking skills of students are still low. One approach to learning that can be used to practice the skills of creative thinking is a STEM learning approach. It is effective if supported by teaching materials in the form of the worksheets. The purpose of this research is to develop worksheets with STEM approach to train the creative thinking skills of students. This research method is a method of research and development, which contains seven steps of the study. Pengembangan LKS diawali dengan analisis kebutuhan. the development of worksheets begins with a needs analysis. Furthermore, the planning stage then do product development in the form of worksheets. In order worksheets that have been developed with well validated, then test the validity of the product in terms of content, construct, and readability using questionnaires. The results of the average value of the content validity and construct validity in the category well, as well as the legibility of the product in the category very well, so it can be stated that the worksheets eligible for use in the learning process. Field trials against users conducted to determine the effectiveness of the product with test instruments and user response with questionnaires. The results from teacher responses in the category of a good and the results from student response in the category of a very good . The effectiveness of the test results known that the average value posttest is greater than the average value pretest and the value of n-gain experiment class is larger than the control class. Creative thinking skills of students also increased for each creative thinking indicator. It can be concluded that the products are developed using the worksheets with STEM approach has been effective in training students' creative thinking skills. Keywords : creative thinking skills, STEM approach, worksheets

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 81063839 . Digilib
Date Deposited: 29 Apr 2017 02:49
Terakhir diubah: 29 Apr 2017 02:49
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26515

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir