YANTI YOSEFA, 1013109174 (2017) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 60 GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1516Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1215Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah guru lebih banyak memberikan materi pembelajaran melalui metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini berdampak pada rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 60 Gedongtataan yang nilainya masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema indahnya negeriku. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan kategori baik 77,50%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik 91,25%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 68 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 48561361 . Digilib |
Date Deposited: | 02 May 2017 04:46 |
Terakhir diubah: | 02 May 2017 04:46 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26542 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |