UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 60 GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

YANTI YOSEFA, 1013109174 (2017) UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKN DENGAN TEMA INDAHNYA NEGERIKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA SISWA KELAS IV SDN 60 GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG .

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1516Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1215Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah guru lebih banyak memberikan materi pembelajaran melalui metode ceramah, sehingga siswa kurang aktif cenderung pasif pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini berdampak pada rendahnya aktifitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 60 Gedongtataan yang nilainya masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktifitas dan hasil belajar PKn dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan aktivitas siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD, dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa, untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes.Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar tema indahnya negeriku. Hal ini ditunjukan data di mana pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan kategori baik 77,50%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan kategori sangat baik 91,25%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 68 dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 80. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Kooperatif Tipe STAD

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: 48561361 . Digilib
Date Deposited: 02 May 2017 04:46
Terakhir diubah: 02 May 2017 04:46
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26542

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir