STRATEGI PEMASARAN PRODUK TORTILLA JAGUNG (Studi Kasus UMKM KWT Kemuning II Desa Marga Catur, Kalianda)

IRFAN MUHFI ALFIAN, 1214051036 (2017) STRATEGI PEMASARAN PRODUK TORTILLA JAGUNG (Studi Kasus UMKM KWT Kemuning II Desa Marga Catur, Kalianda). FAKULTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img] File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3425Kb)
[img]
Preview
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3295Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRACT THE MARKETING STRATEGY OF CORN TORTILLA PRODUCT (A Case Study of Micro Small and Medium Enterprise (MSME) of Women Farmers Group Kemuning II in Marga Catur Village, Kalianda) By IRFAN MUHFI ALFIAN One of corn products which is able to increase its economic value is corn tortilla. The housewives joining the women farmers group took an initiative to develop the corn tortilla product. This activity has been being done since 2013 by Kemuning II group. The cause of trouble they got were the marketing they still did plain and the competition between MSME was more rigorous. Therefore, it was needed a precise marketing strategy to overcome such kind of this problem. This research intended to identify the strength, weaknesses, opportunity, threats, and to dicide the marketing strategy of corn tortilla product. This research used QSPM analysis which was resulted from matrix of IFE, EFE, IE and SWOT matrix. Based on the results of the study showed that the greatest strengths of the business belonging to Kemuning II : (1) raw materials were very abundant with a score of 0.258, (2) the main weaknesses were not having a promotion media with a score of 0,071, (3) the main opportunity was a guidance from the government with a score of 0.209, (4) and the main threat was the change of weather being unstable with a score of 0.133. Rating of IE matrix places MSME at the cell position V, those were holding and maintaining strategies . The strategy prioritized for the business of Kemuning II was to improve the internal management system by improving work motivation and promotional activities to expand the marketing area. Key words: MSME, tortilla, marketing strategy, SWOT, QSPM ABSTRAK STRATEGI PEMASARAN PRODUK TORTILLA JAGUNG (Studi Kasus UMKM KWT Kemuning II Desa Marga Catur, Kalianda) Oleh IRFAN MUHFI ALFIAN Salah satu olahan jagung yang dapat meningkatkan nilai tambah adalah tortilla jagung. Ibu-ibu rumah tangga yang bergabung dalam kelompok wanita tani berinisiatif untuk mengembangkan produk tortilla jagung. Kegiatan ini dilakukan sejak tahun 2013 oleh KWT Kemuning II. Namun, kesulitan yang dialami usaha ini disebabkan adanya persaingan antara UMKM yang semakin ketat. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran untuk mengatasi permasalahan usaha ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman, dan menentukan strategi pemasaran produk tortilla jagung di KWT Kemuning II. Penelitian yang akan dilakukan menggunakan analisis QSPM yang dihasilkan dari matriks IFE, EFE, IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kekuatan terbesar usaha Kemuning II yaitu bahan baku produk yang sangat melimpah dengan skor 0,258, kelemahan utama tidak memiliki media promosi skor 0,071, peluang utama yaitu pembinaan dari pemerintah skor 0,209 dan ancaman utama perubahan cuaca yang tidak stabil dengan skor 0,133. Penilaian matriks IE menempatkan UMKM pada posisi sel V yaitu strategi menjaga dan mempertahankan. Strategi yang diperioritaskan untuk usaha kemuning II yaitu memperbaiki sistem manajemen internal dengan meningkatkan motivasi kerja dan melakukan kegiatan promosi untuk memperluas daerah pemasaran. Kata Kunci: UMKM, tortilla, strategi pemasaran, SWOT, QSPM.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Pertanian ( Umum )
> Budidaya tanaman
Program Studi: Fakultas Pertanian dan Pascasarjana > Prodi Teknologi Hasil Pertanian
Pengguna Deposit: 65101516 . Digilib
Date Deposited: 18 May 2017 03:28
Terakhir diubah: 18 May 2017 03:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26657

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir