POTENSI EKSTRAK DAUN BUNGA ATI (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br.) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI TERHADAP JAMUR Colletotrichum capsici (Syd.) Butler & Bisby PADA TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.)

Sally Khoirunisa, 1317021067 (2017) POTENSI EKSTRAK DAUN BUNGA ATI (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br.) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI TERHADAP JAMUR Colletotrichum capsici (Syd.) Butler & Bisby PADA TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.). FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
1. ABSTRAK.pdf

Download (83Kb) | Preview
[img] FIle PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3198Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (3121Kb) | Preview

Abstrak

POTENSI EKSTRAK DAUN BUNGA ATI (Plectranthus scutellarioides (L.) R.Br.) SEBAGAI FUNGISIDA ALAMI TERHADAP JAMUR Colletotrichum capsici (Syd.) Butler & Bisby PADA TANAMAN CABAI (Capsicum annuum L.) Oleh Sally Khoirunisa ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas ekstrak daun bunga ati sebagai fungisida alami dan konsentrasi yang terbaik dalam menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur Colletotrichum capsici penyebab penyakit antraknosa tanaman cabai (Capsicum annuum L.). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 sampai Desember 2016 di Laboratorium Botani Jurusan Biologi FMIPA Universitas Lampung dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Perlakuan yang digunakan dalam penelitian adalah konsentrasi ekstrak daun bunga ati. Perlakuan menggunakan 5 konsentrasi ekstrak daun bunga ati (Plectranthus scutellarioides L.), yaitu : 0%, 5%,10%, dan 15% dan 20%. Masing-masing perlakuan dilakukan pengulangan sebanyak 5 kali pengulangan. Parameter yang diamati adalah intensitas serangan jamur C.capsici, tinggi tanaman, berat basah tanaman, dan berat kering tanaman. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pemberian ekstrak daun bunga ati (Plectranthus scutellarioides L.) tidak memberikan pengaruh terhadap setiap parameter yaitu intensitas serangan jamur C.capsici, tinggi tanaman, berat basah tanaman, dan berat kering tanaman. Kata Kunci : Tanaman cabai (Capsicum annuum L.), Antraknosa, Colletotrichum capsici, ekstrak daun bunga ati (Plectranthus scutellarioides L.).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: Fakultas MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 90191076 . Digilib
Date Deposited: 29 May 2017 06:13
Terakhir diubah: 29 May 2017 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26700

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir