PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING MENURUT SIKAP SISWA DI SMPN 3 MENGGALA TAHUN AJARAN 2016/2017

IDING, 1423031073 (2017) PERBANDINGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROBLEM SOLVING DAN PROBLEM POSING MENURUT SIKAP SISWA DI SMPN 3 MENGGALA TAHUN AJARAN 2016/2017. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (29Kb) | Preview
[img] File PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (2592Kb)
[img]
Preview
File PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2478Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model pembelajaran problem solving dan model pembelajaran problem posing dengan memperhatikan sikap siswa terhadap pembelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain factorial by level. Populasi penelitian berjumlah 91 orang siswa yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah sampel sebanyak 2 kelas atau 48 orang siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes dan kuesioner. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan rumus analysis of variance (ANOVA), sedangkan hipotesis 2 dan 3 menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1). Ada perbedaan yang signifikan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model problem solving dan model problem posing pada mata pelajaran IPS. 2). Kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem solving lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem posing pada siswa yang memiliki sikap positif terhadap mata pelajaran IPS. 3). Kemampuan berpikir kritis siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem solving lebih rendah dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran problem posing pada siswa yang memiliki sikap negatif terhadap mata pelajaran IPS. 4). Ada interaksi antara model pembelajaran dengan sikap siswa terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS. Kata kunci: Berpikir kritis, Problem Solving, Problem Posing, Sikap Siswa , IPS ABSTRACT The purpose of this study is to compare the students critical thinking skills by using problem solving and problem posing learning model according to students attitudes towards learning social studies. The method used in this study is an experimental research method with a comparative approach. The research design was a factorial by level design. The population selected for this study is 91 students and useable sample comprises 48 students. The sampling technique in this study is a random cluster sampling technique. Data collection technique are observation, documentation, written tests and questionnaires. The testing hypotheses 1 and 4 using the formula analysis of varians while hypothesis 2 and 3 using the formula t-test. The result of research testing, show that : 1). There are defferences between the students critical thingking skills and learning model of problem solving and problem posing by the students at VIII Class 2). There is no defferences between the students critical thingking skills that used the model of problem solving higher than the student that used the model of problem posing by the positif attitude of students in social studies program 3). There is no defferences between the students critical thingking skills that used the model of problem solving lower than the student that used the model of problem posing by the negative attitude of students in social studies program 4). there is a significant interaction between the learning models and attitude of students in social studies program to a critical thinking skills. Key Words: Critical thinking, problem solving, problem posing, student attitudes, sosial studies (IPS).

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 36006115 . Digilib
Date Deposited: 02 Jun 2017 06:22
Terakhir diubah: 02 Jun 2017 06:22
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26722

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir