KARAKTERISASI PLANLET ANGGREK CATTLEYA (Cattleya sp. Lindl.) HASIL INDUKSI ASAM SALISILAT DAN INOKULASI MIKORIZA (Rhizoctonia sp.) SECARA IN VITRO

Adhe Rahma Putri, 1317021003 (2017) KARAKTERISASI PLANLET ANGGREK CATTLEYA (Cattleya sp. Lindl.) HASIL INDUKSI ASAM SALISILAT DAN INOKULASI MIKORIZA (Rhizoctonia sp.) SECARA IN VITRO. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1272Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1273Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Anggrek Cattleya (Cattleya sp. Lindl.) adalah salah satu jenis anggrek yang banyak digemari karena memiliki keistimewaan dari bentuk, ukuran, maupun warna bunganya. Hal inilah yang menjadikan anggrek Cattleya cukup banyak dibudidayakan di Indonesia. Kendala dalam budidaya anggrek Cattleya adalah adanya penyakit layu yang disebabkan oleh jamur Fusarium oxysporum. Salah satu pengendalian yang efektif dalam mencegah infeksi jamur Fusarium oxysporum adalah dengan meningkatkan ketahanan tanaman. Peningkatan ketahanan tanaman anggrek Cattleya dapat dilakukan dengan cara mengimbas agen penginduksi ketahanan tanaman seperti asam salisilat dan mikoriza (Rhizoctonia sp.) pada planlet anggrek Cattleya secara in vitro. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter ekspresi planlet anggrek Cattleya setelah diinduksi asam salisilat dan diinokulasi mikoriza (Rhizoctonia sp.) dan untuk mengetahui interaksi antara asam salisilat dan mikoriza (Rhizoctonia sp.) pada setiap karakter ekspresi planlet anggrek Cattleya. Penelitian ini dilaksanakan dengan Rancangan Acak Lengkap Faktorial (RALF) yang terdiri dari dua faktor, yaitu induksi asam salisilat dengan 4 taraf konsentrasi : 0 ppm, 90 ppm, 100 ppm, dan 110 ppm dan inokulasi mikoriza (Rhizoctonia sp.) dengan 2 taraf : tidak diinokulasi mikoriza (Rhizoctonia sp.) dan diinokulasi mikoriza (Rhizoctonia sp.). Data yang diperoleh dihomogenkan dengan menggunakan uji Levene kemudian dianalisis menggunakan Analisis Ragam pada taraf nyata 5% dan uji lanjut dengan BNT (Beda Nyata Terkecil) pada taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter ekspresi planlet anggrek Cattleya berupa aktivitas enzim peroksidase dan indeks stomata meningkat sejalan dengan meningkatnya konsentrasi asam salisilat dan inokulasi mikoriza (Rhizoctonia sp.). Terdapat interaksi antara asam salisilat konsentrasi 110 ppm dan mikoriza (Rhizoctonia sp.) terhadap indeks stomata daun planlet anggrek Cattleya. Kata kunci: Anggrek Cattleya (Cattleya sp. Lindl.), Penyakit Layu Fusarium, Asam Salisilat, Mikoriza (Rhizoctonia sp.).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > Q Science (General)
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Biologi
Pengguna Deposit: 44933602 . Digilib
Date Deposited: 06 Jun 2017 02:12
Terakhir diubah: 06 Jun 2017 02:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26755

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir