PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

SAFURA RIZKI AZIZAH , (1313022062) (2017) PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN SCHOOLOGY DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1655Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1131Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Pembelajaran melalui teknologi internet yang memiliki sifat maya tentu saja berbeda dengan pembelajaran menggunakan metode yang secara konvensional. Hal ini mendorong adanya pembuktian mana diantara keduanya yang lebih efektif digunakan dalam pembelajaran fisika, sehingga perlu adanya upaya yang dapat ditempuh melalui proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu diantaranya adalah menerapkan blended learning yaitu dengan mengombinasikan penggunaan e-learning berbasis schoology dan tatap muka.Sehingga telah dilakukan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning berbasis schoology terhadap hasil belajar pada level kemampuan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skill) siswa pada materi suhu dan kalor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan e-learning dengan schoology dalam pembelajaran fisika pada materi suhu dan kalor terhadap hasil belajar siswa level higher order thinking skill. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design dengan jenis Pretest-posttest Control Group Design. Data diuji dengan analisis N-gain, uji normalitas, uji homogenitas dan Independent Sample T Test. Pada penelitian ini terdapat kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, yang tidak dipilih secara random. Penelitian ini pula, kedua kelas eksperimen mendapatkan treatment pembelajaran blended learning dan tatap muka dengan intensitas yang sama. Pengaruh penggunaan e-learning dengan schoology terhadap hasil belajar juga ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar siswa dengan N-gain 0,619, yaitu pada kategori sedang. Hasil penelitian yang ditunjukkan dari uji Independent Sample T Test sebesar Sig. 0,01 maka dapat dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan e-learning dengan schoology terhadap hasil belajar. Kata kunci: e-learning, hasil belajar, schoology

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 6842162 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2017 03:43
Terakhir diubah: 09 Jun 2017 03:43
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26798

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir