KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU (ANALISIS HERMENEUTIKA PADA LIRIK LAGU KELOMPOK MUSIK SERINGAI, EFEK RUMAH KACA, DAN HOMICIDE)

M KHAIRIL ANWAR , 0916031100 (2017) KRITIK SOSIAL PADA LIRIK LAGU (ANALISIS HERMENEUTIKA PADA LIRIK LAGU KELOMPOK MUSIK SERINGAI, EFEK RUMAH KACA, DAN HOMICIDE). FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Musik merupakan salah satu cara dalam melakukan kegiatan komunikasi yang diharapkan mampu menyampaikan pesan dengan cara yang berbeda. Kelompok musik Seringai, Efek Rumah Kaca dan Homicide hadir dalam kemasan berbeda dan lebih berani dalam mengusung aliran musik yang mereka bawa. Ketiga kelompok musik tersebut lahir dari scene musik independen yang selalu menyuarakan pandangan mereka melalui lirik lagu yang mereka tulis.Penelitian ini berusaha melihat bagaimana muatan kritik sosial yang tertuang dalam lirik lagu dengan tujuan mengetahui dan menjelaskan mengenai muatan kritik sosial dalam lirik lagu. Menggunakan tipe penelitian kualitatif yang dijelaskan secara deskriptif. dengan pendekatan analisis hermeneutika. Kesimpulan yang didapatkan dari enam lirik lagu yang masing-masing ditulis oleh kelompok musik Seringai, Efek Rumah Kaca, dan Homicide adalah adanya muatan kritik terhadap realita politik, kritik terhadap kapitalisme, serta kritik terhadap kebebasan dalam berpendapat. Kata Kunci : Musik, Hermeneutika, Kritik Sosial ABSTRACT Music is one way of communicating which expected ti deliver messages in a different way. Some bands such as Seringai, Efek Rumah Kaca, and Homicide present their own genre differently and bravely. There were born form independent music scene which love to give their point of view with their lyrics. This research attempted to prove how social criticism content in the lyrics in order to find and describe about social criticism. The Objective of the research are to see and describe social criticsm content of their lyrics. The methods of this research is qualitative-descriptive using hermeneutic approach. Key Words : Songs, Hermeneutic, Social Criticsm

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> HE Transportation and Communications
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Komunikasi
Pengguna Deposit: 29417449 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2017 04:15
Terakhir diubah: 09 Jun 2017 04:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26808

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir