EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK TUGAS YAITU TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK (Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2016/2017)

APRILIANI DAMAYANTI, 1313031010 (2017) EFEKTIVITAS MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN MEMPERHATIKAN BENTUK TUGAS YAITU TUGAS MANDIRI DAN TUGAS KELOMPOK (Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (87Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1375Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (1375Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian untuk mengetahui efektivitas model Think Pair Share (TPS) dan model Problem Based Learning (PBL) pada kemampuan berpikir kritis siswa dengan memperhatikan bentuk tugas yaitu mandiri dan kelompok. Metode yang digunakan eksperimen semu dengan pendekatan komparatif. Desain penelitian adalah factorial. Populasi sebanyak 7 kelas dengan jumlah 231 siswa dan sampel sebanyak 2 kelas dengan jumlah 66 siswa yang ditentukan melalui cluster random sampling. Teknik pengumpulan data melalui tes. Pengujian hipotesis menggunakan uji t-test dua sampel Independent dan uji analisis varian dua jalan. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa (1) ada perbedaan rata-rata kemampuan berpikir kritis antara siswa yang menggunakan model TPS dan model PBL, (2) ada perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberikan tugas mandiri dan tugas kelompok, (3) ada interaksi antara model pembelajaran dengan tugas pada mata pelajaran ekonomi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, (4) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model TPS lebih tinggi dibandingkan model PBL pada siswa yang diberikan tugas kelompok, (5) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model TPS lebih rendah dibandingkan model PBL pada tugas mandiri, (6) kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan tugas mandiri lebih tinggi dibandingkan yang diberikan tugas kelompok pada siswa yang menggunakan model PBL, (7) kemampuan berpikir kritis siswa yang diberikan tugas mandiri lebih rendah dibandingkan tugas kelompok pada siswa yang diajar model TPS. Kata kunci : Kemampuan berpikir kritis, TPS, PBL, Tugas.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > HB Economic Theory
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 51092350 . Digilib
Date Deposited: 14 Jun 2017 04:17
Terakhir diubah: 14 Jun 2017 04:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26868

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir