Fitri Indriani, 1313023031 (2017) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
1. ABSTRAK.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
File PDF
2. SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3423Kb) |
||
|
File PDF
3. SKRIPSI FULL TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (3268Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR LANCAR PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT Oleh FITRI INDRIANI Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh model discovery learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Metro yang berjumlah 196 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.1 dan X.3 sebagai kelas eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah poor experimental design dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan model discovery learning praktis dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, ditunjukkan dengan rata-rata persentase keterlaksanaan RPP dan respon siswa berkategori “tinggi”. Model discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit, ditunjukkan melalui aktivitas siswa yang relevan dalam pembelajaran dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran berkategori “tinggi”, serta peningkatan nilai pretes-postes (n-Gain) pada kelas X.1 dan X.3 yang tidak jauh berbeda yaitu memenuhi kriteria “sedang”. Model discovery learning memiliki ukuran pengaruh yang “besar” dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Berdasarkan deskripsi tersebut dapat disimpulkan bahwa model discovery learning praktis, efektif, dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir lancar pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: discovery learning, kemampuan berpikir lancar, larutan elektrolit dan non elektrolit,
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 43162524 . Digilib |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 02:34 |
Terakhir diubah: | 15 Jun 2017 02:34 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26887 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |