DESAIN ALAT PENDETEKSI KEKERUHAN AIR MENGGUNAKAN SENSOR OPTOCOUPLER UNTUK MENGANALISIS KUALITAS AIR MINUM DI BAK SEDIMENTASI PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) PDAM ”WAY RILAU” KOTA BANDAR LAMPUNG

Akhfi Zamri, 1017041015 (2017) DESAIN ALAT PENDETEKSI KEKERUHAN AIR MENGGUNAKAN SENSOR OPTOCOUPLER UNTUK MENGANALISIS KUALITAS AIR MINUM DI BAK SEDIMENTASI PADA INSTALASI PENGOLAHAN AIR (IPA) PDAM ”WAY RILAU” KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak (Abstract).pdf

Download (313Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (5Mb)
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan.pdf

Download (4Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Telah dirancang dan dibuat alat yang mampu mendeteksi kekeruhan air pada instalasi pengolahan air di PDAM Way Rilau Kota Bandar Lampung. Alat yang dirancang untuk menganalisis kualitas air minum di bak sedimentasi dibuat lebih praktis dan mudah pemakaiannya. Desain dirancang menggunakan Arduino UNO R3, LED RGB dan penampil LCD I2C dan alat disimpan pada SD Card dengan Sensor yang digunakan adalah Optocoupler pengujian sensor menggunakan air jernih dan penambahan tiap tetes susu kental manis untuk mendapatkan respon dan kesamaan dengan alat standar yang digunakan PDAM. Hasil pengujian menunjukkan bahwa semakin banyak tetesan susu maka semakin besar tegangan yang dihasilkan. Pembacaan uji sensor pada alat buatan dimulai dari 09 mV sampai dengan 498 mV, sedangkan alat standar PDAM Way Rilau dimulai dari 0 NTU sampai 130,6 NTU. Setelah didapatkan data pengujian sensor, dimasukan rumus untuk menyesuaikan alat buatan dengan alat standar menggunakan bahasa C, kemudian tahap selanjutnya pengambilan data pengujian sampel air di bak sedimentasi, pada alat standar, kekeruhan terbesar adalah 11,2 NTU dan yang terkecil 3,2 NTU, sedangkan pada alat buatan nilai terbesarnya adalah 8,1 dan untuk nilai terkecil 5,7.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
> QC Physics
Program Studi: FAKULTAS MIPA > Prodi Fisika
Pengguna Deposit: 26054698 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 07:18
Terakhir diubah: 15 Jun 2017 07:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26913

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir