PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

DEVIYANTI PANGESTU, 1523053022 (2017) PENGEMBANGAN LKS BERBASIS DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT (ABSTRAK).pdf

Download (9Kb) | Preview
[img] FIle PDF
TESIS FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1784Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
TESIS TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (960Kb) | Preview

Abstrak

ABSTRACT The problem in this research is the low student learning outcomes and LKS is not available that meets the needs of students in learning. The aim of this research was to produce and test the effectiveness of development woksheet based discovery learning on thematic learning for the fourth grade students of elementary school. The method of this research used research and development The population in this research is students of class IV SD Negeri 1 Tanjung Gading and SD Negeri 1 Tanjung Raya. The sample used is 55 students with purposive sampling technique. The collection of data through questionnaire, written test and observation. The data were analyzed by using N-Gain formula. The results show that LKS based discovery learning is feasible to use and LKS based discovery learning effective to improve student learning outcomes. Key words : students worksheet, discovery learning, learning outcomes ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah dan belum tersedia LKS yang memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk menghasilkan produk LKS berbasis discovery leaning yang layak dan mengetahui efektivitas LKS berbasis discovery learning pada pembelajaran tematik siswa kelas IV SD. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Tanjung Gading dan SD Negeri 1 Tanjung Raya. Sampel yang digunakan yaitu 55 siswa dengan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data menggunakan angket, tes hasil belajar dan lembar observasi. Analisis data menggunakan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis discovery learning layak digunakan dan LKS berbasis discovery learning efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci : lembar kerja siswa, discovery learning, hasil belajar siswa

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Keguruan Guru SD
Pengguna Deposit: 39245555 . Digilib
Date Deposited: 15 Jun 2017 06:15
Terakhir diubah: 15 Jun 2017 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26922

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir