ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Labuhan Ratu Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Galuh Ayu Mungkashi, 1313024035 (2017) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PERMASALAHANNYA PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN DI SMP (Studi Deskriptif Pelaksanaan Praktikum se-Kecamatan Labuhan Ratu Kotamadya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (917Kb)
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (781Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan dan permasalahan pada praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Labuhan Ratu Kotamadya Bandar Lampung. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain riset eksploratori. Data penelitian berupa data kualitatif, didasarkan pada beberapa aspek, yaitu: (1) pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan oleh guru dan siswa; (2) motivasi guru dan siswa terhadap pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan; (3) evaluasi laporan hasil praktikum materi organisasi kehidupan oleh guru; dan (4) pembuatan laporan hasil praktikum materi orga-nisasi kehidupan oleh siswa yang diperoleh dari angket, wawancara, dan ob-servasi, kemudian dianalisis secara deskriptif menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan yang dilakukan oleh guru dan siswa memiliki kriteria baik, dengan rata-rata persentase tahapan pelaksanaan praktikum yaitu 71,94 % ± 6,46 (kriteria baik), serta rata-rata penyusunan LKS-praktikum yaitu 55,33 % ± 26,83 (kriteri cukup baik). Permasalahan yang ditemui saat pelaksanaan praktikum oleh guru dan siswa adalah keterbatasan jumlah mikroskop cahaya, keterbatasan jumlah preparat awetan sel hewan dan tumbuhan, serta LKS-praktikum yang disusun oleh guru hanya memiliki kriteria cukup baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan praktikum materi organisasi kehidupan di SMP kelas VII se-Kecamatan Labuhan Ratu Kotamadya Bandar Lampung memiliki kriteria baik, walaupun terdapat beberapa permasalahan di dalam pelaksanaannya. Kata kunci : organisasi kehidupan, pelaksanaan praktikum, permasalahan praktikum

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> QH Natural history > QH301 Biology
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 51949207 . Digilib
Date Deposited: 16 Jun 2017 06:13
Terakhir diubah: 16 Jun 2017 06:13
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26963

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir