STUDI PERBANDINGAN SIKAP BERWIRAUSAHA MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2016/2017

RIRIN APRIANI , 1313031097 (2017) STUDI PERBANDINGAN SIKAP BERWIRAUSAHA MELALUI MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCAFFOLDING DAN TIPE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEMPERHATIKAN KECERDASAN ADVERSITAS PADA SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH TUMIJAJAR TAHUN AJARAN 2016/2017. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf

Download (2397Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (3019Kb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya lulusan SMK Muhammadiyah Tumijajar yang berwirausaha dan sikap negatif siswa terhadap wirausaha. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan sikap positif berwirausaha dengan model pembelajaran tipe Scaffolding dan tipe Problem Based Learning (PBL) dengan memperhatikan kecerdasan adversitas pada siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Desain penelitian yang digunakan desain trheatment by level. Instrumen yang digunakan adalah Adversity Response Profile (ARP) dan angket sikap berwirausaha. Jumlah populasi penelitian 237 siswa dengan sampel 72 siswa melalui teknik Cluster Random Sampling. Pengujian hipotesis 1 dan 4 menggunakan analisis varian dua jalan (Two Way Anava) dan pengujian hipotesis 2 dan 3 menggunakan analisis t-test dua sample independen. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Ada perbedaan sikap berwirausaha siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Scaffolding dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). 2) sikap berwirausaha siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Scaffolding lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas tinggi. 3) sikap berwirausaha siswa yang diajar menggunakan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih tinggi dibandingkan yang diajar dengan pembelajaran Scaffolding pada siswa yang memiliki kecerdasan adversitas rendah. 4) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan kecerdasan adversitas terhadap sikap berwirausaha siswa. Kata kunci: Kecerdasan Adversitas, PBL, Scaffolding, Sikap Berwirausaha.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: 23969574 . Digilib
Date Deposited: 19 Jun 2017 04:54
Terakhir diubah: 19 Jun 2017 04:54
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27014

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir