FITRI FEBRIYANTI, 1313023030 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA MATERI LARUTAN ELEKTROLIT DAN NON ELEKTROLIT. UNIVERSITAS LAMPUNG, FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN .
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
File PDF
SKRIPSI FULL.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (1830Kb) |
||
|
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf Download (1831Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dengan One Group Pretest Posttest Design telah dilakukan di SMA Negeri 13 Bandarlampung yang bertujuan untuk medeskripsikan kepraktisan, ke-efektivan dan ukuran pengaruh dari model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA yang ada di SMA Negeri 13 Bandarlampung tahun pelajaran 2016/2017 yang tersebar dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 2 yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan LKS dan instrumen asesmen pengetahuan berbasis problem solving. Kepraktisan diukur ber¬dasarkan ketelaksanaan model pembelajaran problem solving (dilihat dari lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran) dan kemenarikan model pembelajaran problem solving (dilihat dari angket respon siswa). Keefektivan di-ukur berdasarkan lembar observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajar¬an, lembar observasi aktivitas siswa selama pembelajaran, dan hasil peningkatan penguasaan konsep siswa. Ukuran pengaruh (effet size) diukur dengan uji-t dan uji effect size terhadap model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Me-ningkatnya penguasaan konsep siswa ditunjukkan berdasarkan rata-rata nilai n-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving memiliki kepraktisan dalam meningkat¬kan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Hal ini dibuktikan dengan keterlaksanaan model pembelajaran problem solving memiliki kriteria “sangat baik” dan kemena¬rikan model pem¬belajaran problem solving me¬miliki respon yang positif dari siswa. Model pembelajaran problem solving juga memiliki keefektivan dalam meningkat-kan penguasaan konsep siswa. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas siswa yang relevan selama pembelajaran me-miliki kriteria “sangat baik”, serta penguasaan konsep siswa mengalami pe¬ningkat¬an dengan kriteria nilai n-gain “sedang”. Model pembelajaran problem solving memiliki ukuran pengaruh yang “besar” dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Kata kunci: keefektivan, kepraktisan, penguasaan konsep, problem solving, ukuran pengaruh
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > QD Chemistry |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Kimia |
Pengguna Deposit: | 16505383 . Digilib |
Date Deposited: | 21 Jun 2017 03:31 |
Terakhir diubah: | 21 Jun 2017 03:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27100 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |